Tips Belanja Batik di Pasar Beringharjo Jogja

Pasar yang ada di Jogja & berdiri sejak tahun 1758 ini adalah salah satu pasar yang paling populer sebagai tujuan wisata. Rasanya akan sangat kurang apabila berwisata di Jogja tidak mampir ke pasar beringharjo. Segala macam batik tersedia di pasar ini, mulai dari baju batik, jilbab, sepatu,  tas unik serta souvenir-souvenir pernikahan ada di pasar ini.

Jadi Homi’ers tidak perlu kaget apabila pada musim liburan pasar beringharjo akan sesak dipenuhi para wisatawan lokal dari berbagai daerah serta wisatawan asing yang sedang berlibur. Harga yang ditawarkan di pasar ini juga beranekaragam & bagaimana caranya untuk mendapatkan harga yang murah dengan barang yang berkualitas? Berikut tipsnya :

1. Mood harus baik, saat akan berbelanja di pasar beringharjo Homi’ers harus memiliki mood yang baik & siap mental, ini adalah modal utama supaya siap  untuk berdesak-desakan dan tahan terhadap keramaian di dalam pasar. Untuk itu, jangan memakai pakaian yang membuat badan menjadi gerah.

2. Pilih pakaian yang Homi’ers rasa paling nyaman, sehingga membuat badan menjadi tidak gerahpanas, dan jangan memakai perhiasan terlalu berlebihan karena Homi’ers harus waspada dengan keberadaan copet.

3. Jangan malu untuk menawar, nah Homi’ers untuk urusan yang satu ini memang diperlukan ketelatenan & kesabaran, jangan terburu-buru untuk membeli barang yang disukai karena kebanyakan harga yang ditawarkan akan sangat tinggi apalagi pada saat musim liburan. Tawar dahulu barang yang mau dibeli, misalnya penjual menawarkan harga baju batik Rp 75.000,- , coba Homi’ers tawar mulai dari harga Rp 30.000,- atau misalkan mau beli lebih dari satu, Homi’ers coba menawar  “Rp 75.000,- dapat tiga ya”. Homi’ers tidak perlu malu & cobalah menaikkan sedikit demi sedikit  harga. Biasanya untuk baju dengan harga Rp 75.000 penjual akan melepasnya di harga Rp 35.000-Rp 40.000,-.

4. Cobalah berpindah ke penjual yang lain. Meskipun sangat ingin membeli barang yang sudah dipilih, tetapi apabila si penjual masih memberikan harga yang tinggi,  maka cobalah untuk pindah ke penjual  lainnya, karena banyak sekali yang menjual  barang dagangan yang sama, jadi Homi’ers tidak perlu khawatir dan patah semangat.  Karena pedagang yang melihat kesempatan ini cenderung akan menjual mahal untuk barang yang diinginkan pembelinya, karena pembeli kelihatan jatuh cinta pada pandangan pertama.

5. Cobalah memilih kios di bagian larik pinggir karena biasanya harga baju batik yang ditawarkan lebih muranh dibandingkan di kios bagian lorong tengah.

[toggle Title="Peta lokasi Pasar Beringharjo-Yogyakarta"]


[/toggle]

586 total views, 2 views today

FacebookTwitterGoogle+Share

Dapatkan Informasi Menarik Mengenai :

  • Travelling
  • Wisata
  • Tips & Informasi

Masukan Nama dan Alamat Email