Tips Mudik Lebaran

Tips Mudik Lebaran

Ramadan tinggal menghitung hari. Hari Raya Idul Fitri sudah diambang mata. Mudik Lebaran adalah momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh sebagian besar orang yang lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bekerja atau menempuh pendidikan di luar kota asalnya. Betapa menggembirakannya pulang ke kampung halaman bertemu dengan keluarga dan saudara dihari yang suci. Sebelum melakukan mudik Lebaran sebaiknya memperhatikan beberapa hal agar pejalanan mudik terasa aman dan nyaman.

  • Memeriksakan kesehatan

Sebelum mudik sebaikanya periksakan kondisi kesehatan. Setidaknya dengan memeriksakan kesehatan Homiers bisa tahu kondisi terakhir sebelum berangkat sehingga jika ada sesuatu yang terjadi bisa diantisipasi jauh-jauh hari. Sebaiknya menunda perjalanan mudik kalau kondisi tubuh sedang tidak fit.

  • Persiapkan kendaraan

Bagi Homiers yang melakukan perjalanan mudik dengan kendaraan pribadi pastikan kendaraan sudah diservis atau minimal kondisinya baik semua sehingga tidak membahayakan nyawa pengemudi maupun penumpang.

  • Jangan membawa barang berlebihan

Bawa barang-barang seperlunya saja. Tempatkan barang sesuai posisi yang benar. Barang yang paling sering dibutuhkan hendaknya ditaruh di bagian paling atas atau yang aksesnya paling mudah.

  • Bekal makanan

Menjelang lebaran perjalanan mudik pasti akan berbeda dengan perjalanan mudik di hari-hari biasa. Kemacetan pasti tidak bisa dihindari apalagi di jalur-jalur tertentu. Sebaiknya siapkan bekal kalau-kalau Homiers lapar di jalan dan tidak sempat makan di luar karena rumah makan atau restoran biasanya ramai sekali terisi oleh pemudik lainnya.

  • Membawa obat-obatan

Membawa obat-obatan tak kalah pentingnya dengan membawa makanan. Jangan sepelekan obat pusing, obat diare, P3K karena kita tidak tahu apa yang terjadi selama perjalanan panjang.

  • Istirahatkan tubuh

Jangan memaksakan diri tetap berkendara kalau sudah merasakan kantuk. Sebaiknya menyetir bergantian kalau dalam satu mobil ada dua yang bisa menyetir. Kalau tidak luangkan waktu untuk tidur beberapa jam sebelum meneruskan perjalanan.

  • Bawa peta jalur mudik

Membawa peta sangat berguna walaupun kita sudah tahu dan terbiasa melewati jalur yang sama ketika mudik. Ini penting apabila terjadi kemacetan di suatu titik, jalan alternatif dalam peta bisa menjadi pilihan agar tidak stuck di jalan yang sama dan berakibat tidak bisa sampai tempat mudik dengan tepat waktu.

Selamat mudik dan Selamat lebaran Homiers.

Share
Share