Ikut Paket Tour atau Liburan Sendiri?

Ikut Paket Tour atau Liburan Sendiri?

Tidak terasa kita sudah hampir sampai di ujung tahun 2012 ya homiers. Ada rencana liburan akhir tahun? Biasanya banyak sekali yang memanfaatkan akhir tahun untuk liburan karena bertepatan dengan long weekend hari raya Natal dan tahun baru. Bagi yang tidak puas dengan long weekend pun biasanya mengambil cuti tahunannya. How about you? Sudah siap menyambut liburan? Ada yang sudah merencanakan liburannya jauh-jauh hari, ada pula yang masih santai-santai. By the way, homiers lebih suka ikut paket tour atau liburan sendiri? Yang pasti setiap pilihan ada kekurangan dan kelebiahnnya. Mari kita simak kelebihan dan kekurangan ikut paket tour untuk liburan :

(+) Kelebihan Ikut Paket Tour

  1. Semuanya sudah diatur dan terencana. Buta mengenai budgeting? Tinggal pilih paket tour yang sesuai dengan budget homiers tanpa harus ribet itung-itungan. Tidak perlu lagi galau mau menginap dimana dan naik apa. Tidak perlu ribet mencari tiket bis, kereta atau pesawat. Transportasi, akomodasi, dan konsumsi are all ready.
  2. Tempat tujuan sudah ditentukan sehingga kita nggak akan bingung mau pergi kemana. Objek-objek wisata yang menarik pasti dikunjungi.
  3. Karena di paket tour biasanya menyertakan tour guide , kita akan mendapatkan informasi mengenai tempat yang kita kunjungi secara detail dari mereka. Wawasan jadi bertambah. Dan yang pasti kita tidak akan cengok atau mati gaya walau tempat yang kita kunjungi masih asing. Kendala bahasa bisa diatasi dengan adanya tour guide yang bisa membantu kita berkomunikasi dengan penduduk setempat dan menerjemahkan berbagai tulisan dalam bahasa asing.
  4. Kita pasti akan punya banyak kenalan baru karena ikut rombongan tour. Tidak usah takut tersesat karena kemungkinannya kecil sekali. Kalau tersesatpun kita pasti akan dicari-cari jadi keamanannya lebih terjamin daripada berpergian sendiri. Selain itu ada teman ngoborol, teman shopping, teman bergosip hehe.

(-) Kekurangan Ikut Paket Tour

  1. Kadang-kadang dengan ikut paket tour, biaya jadi lebih mahal daripada apabila kita liburan sendiri. Karena dengan ikut paket tour biasanya hotel, transportasi, dan konsumsi sudah ditentukan sehingga kita tidak bisa memilih sendiri hotel mana atau kendaraan apa yang paling murah.
  2. Eksploitasi wisata tidak maksimal. Bagi homiers yang berjiwa petualang, paket tour tidak cocok untuk kalian. Semua jadwal pergi kemana sudah ditentukan oleh tour agent. Tempat yang dikinjungi biasanya juga sudah umum. Lupakan untuk menjelajah tempat-tempat terpencil yang masih jarang dikunjungi. Rencana-rencana sendiri jangan harap terwujud karena free time yang diberikan biasanya hanya sebentar.
  3. Karena jadwal dan waktu yang sudah ditentukan, kita tidak bisa berlama-lama di suatu tempat. Sebetulnya ingin menikmati pemandangan malam sambil duduk di sungai Seine menikmati pemandangan menara Eiffel dan keindahan kota Paris tapi kita harus segera beranjak untuk pindah ke objek wisata lain. Nggak asik banget kan homiers?
  4. Diperlukan toleransi yang tinggi kepada rombongan tour yang lain. Kadang-kadang rasanya tidak nyaman apabila ikut rombongan dengan orang-orang yang sudah lanjut usia karena jalannya lambat, anak-anak kecil yang ribut, atau peserta tour yang berisik. Jangan menyesal kalau nggak nyambung dengan peserta tour yang lain. Tempat makan juga bisa menjadi masalah besar. Siapa tahu kita tidak suka dengan tempat makan yang dipilih oleh tour agentnya. Alhasil liburan yang tadinya untuk bersenang-senang malah jadi tidak meninggalkan kesan sama sekali.
Share
Share