Tugu Jogja Memang Istimewa

Tugu Jogja Memang Istimewa

Tugu Jogja merupakan landmark Kota Jogja yang sangat terkenal. Tugu Jogja terletak di tengah perempatan Jalan Mangkubumi, Jalan Jendral Soedirman, Jalan A.M Sangaji dan Jalan Diponegoro. TuguJogja terletak pada satu garis yang menghubungkan antara Laut Selatan, Keraton, dan Gunung Merapi dan menjadi salah satu keistimewaan yang dimiliki kota Jogja.

Tugu Jogja kira-kira didirikan setahun setelah Keraton Yogyakarta berdiri. Tugu Jogja dahulu bentuknya tidak seperti sekarang. Bentuk tugu dahulu adalah badan tugu berbentuk silinder dan puncaknya berbentuk bulat seperti bola. Tingginya 25 meter dengan bahan semen dan batu bata. Tugu Jogja memiliki makna filosofis, yakni bersatunya raja dengan rakyatnya atau manunggaling kawula gusti.

Bentuk tugu Jogja sudah mengalami beberapa kali perubahan diantaranya karena adanya gempa yang mengguncang Yogyakarta pada tahun 1867 dan telah meruntuhkan bangunan tugu. Renovasi bangunan tugu juga pernah dilakukan oleh penjajah Belanda pada tahun 1889 dan telah merubah bentuk bangunan tugu dari bentuk aslinya. Tugu Jogja kini berusia hampir 3 abad.

Beberapa tahun terakhir ini Pemerintah DIY melakukan revitalisasi bangunan tugu dan untuk tahap pertama telah selesai yaitu pada akhir 2012 lalu. Kini bangunan tugu lebih putih dengan ornament berwarna kunis emas, dan puncak yang dilapisi dengan emas. Revitalisasi Tugu akan dilanjutkan dengan pembuatan outdoor diorama di lahan sisi tenggara. Diorama ini merupakan gambaran dari bangunan asli Tugu Yogyakarta pertama kali.

Homiers bisa menikmati suasana tugu sambil mengenang makna filosofisnya di pagi hari pukul 05.00 – 06.00, saat itu udara masih segar dan lalu lintas belum ramai. Sedangkan di sore hingga tengah malam, homiers bisa juga menikmati suasana tugu Jogja yang bermandikan cahaya sambil lesehan menikmati menu khas nasi kucing atau kopi joss di angkringan di sepanjang pinggir Jalan Mangkubumi. Bagi homiers yang berencana ke Jogja, jangan lupa mampir ke tugu Jogja ya.

Share
Share