Tips Mencegah Mabuk dalam Perjalanan

Tips Mencegah Mabuk dalam Perjalanan

Homiers rentan mabuk dalam perjalanan? Pastinya akan mengganggu kesenangan dalam liburan apabila kita rentan mabuk perjalanan. Mabuk terjadi karena kacaunya sistem saraf yang mendeteksi gerakan tubuh. Ketika kita melakukan perjalanan, tubuh bergerak tanpa dikontrol sehingga mata, telinga bagian dalam, dan tubuh mengirim pesan yang saling bertentangan ke otak yang akhirnya memicu mabuk perjalanan.

Lalu bagaimana cara mencegah mabuk dalam perjalanan? Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah mabuk dalam perjalanan:

1. Sesuaikan asupan makanan dan istirahat cukup sebelum bepergian

Hindari makan terlalu banyak makanan yang berlemak, asam, lambat dicerna dan minuman beralkohol. Perut yang penuh akan membuat perut mudah mual dan memicu muntah.

2. Nikmati pemandangan dalam perjalanan

Dengan menikmati pemandangan akan membuat kita lebih santai, dan akan terkirim signal di otak bahwa kita sedang bergerak sehingga mengurangi kekacauan system saraf dalam mendeteksi gerakan tubuh.

3. Pilih tempat duduk yang paling stabil dan menghadap ke depan

Hindari posisi duduk paling belakang dalam kendaraan karena posisi tersebut paling banyak mengalami goncangan sehingga mudah memicu terjadinya muntah. Usahakan memilih tempat duduk yang menghadap ke depan, karena jika duduk pada posisi yang berlawanan arah dengan laju kendaraan akan menyebabkan pusing dan memicu terjadinya muntah.

4. Kunyah perment mint atau jahe

Perment mint dan jahe bisa mengurangi mual dan muntah. Selain itu bisa juga minum jahe instan sebelum bepergian.

5. Jangan membaca

Membaca dalam kendaraan yang sedang bergerak akan menyebabkan gangguan pusing sehingga bisa memicu muntah.

6. Menggerakkan tubuh

Duduk yang terlalu lama membuat otot kaku, sehingga kita menjadi lebih mudah muntah. Cobalah untuk meregangkan otot yang kaku. Misalnya dengan menundukan badan sampai kepala menyentuh lutut agar darah mengalir ke otak sehingga mengurangi pusing.

7. Minum obat antimabuk

Ini merupakan pilihan terakhir karena obat antimabuk biasanya akan menyebabkan kantuk. Tidak dianjurkan apabila homiers akan menyetir kendaraan sendiri karena berbahaya apabila menyetir dalam keadaaan mengantuk.

Pastinya akan menyenangkan apabila melakukan perjalanan tanpa gangguan mabuk dalam perjalanan. Selamat mencoba. ūüėÄ

Share
Share