Tips Mengatasi Susah Bangun Pagi

Tips Mengatasi Susah Bangun Pagi

Susah bangun pagi homiers? Dengan bangun pagi sebenarnya kita mendapatkan banyak manfaat lho homiers. Diantaranya manfaat bangun pagi adalah untuk kesehatan tubuh. Selain itu kita bisa memiliki waktu yang cukup untuk melakukan banyak hal sebelum melakukan rutinitas sehari-hari dan tentunya kita menjadi lebih siap untuk menjalani hari.

Berikut beberapa cara agar bisa bangun pagi :

1. Niat yang kuat
Malam hari berikan sugesti pada diri sendiri bahwa besok harus bangun pagi. Homiers bisa menanamkan keinginan yang kuat pada diri dan buat suatu alasan yang kuat yang membuat kita harus bangun pagi. Alasan itu bisa bermacam-macam homiers, misalnya karena tidak ingin terlewatkan sholat Subuh berjamaah, ingin jogging, ingin membuat sarapan, atau ingin memiliki waktu untuk menyiram tanaman, dsb. Dengan sugesti yang kuat sebenarnya secara tidak langsung kita sudah memprogram otak kita untuk bangun pagi.

2. Pasang alarm dengan music yang lembut
Apabila homiers suka memasang alarm, pasanglah nada atau music yang lembut jangan pasang suara yang memekakkan telinga karena musik yang keras dan memekakkan telingan memang akan membuat bangun tetapi dengan cara yang mengagetkan sehingga hal ini akan memperburuk bagi yang memiliki masalah jantung. Nada yang lembut akan membangunkan dengan cara yang perlahan. Selain itu weker atau hp yang telah di setting alarm ini letakkan agak berjauhan dari tempat tidur, agar kita bisa segera bangkit dari tempat tidur untuk menonaktifkan alarm.

3. Tidur lebih awal
Tidur lebih awal agar kita mendapatkan waktu tidur yang cukup. Waktu tidur yang baik adalah sekitar 7 jam sehari. Jadi jangan begadang homiers agar kita memiliki waktu yang cukup untuk istirahat sehingga tubuh juga siap untuk bangun pagi dengan kondisi yang baik.

4. Kurangi konsumsi kafein dan ganti dengan air putih.
Konsumsi kafein secara berlebihan yaitu lebih dari 2 cangkir sehari, menyebabkan tubuh lemas.Air putih bermanfaat agar tubuh tidak kekurangan cairan sepanjang malam, sehingga kondisi tubuh saat bangun tidak kekurangan cairan. Minum air putih sebelum tidur juga baik lho untuk kesehatan jantung.

5. Berdoa setelah bangun
Setelah mata terbuka saat bangun pastikan kita membaca doa dan bersyukur bahwa kita masih diberi kesempatan untuk membuka mata di hari ini. Jadikan rasa syukur ini sebagai motivasi untuk bergegas bangun dan bergegas dari tempat tidur karena harus melakukan rutinitas sehari-hari.

6. Bergegas bangun
Begitu kita terbangun, segera dan bergegas lah untuk bangkit dari tempat tidur dan segerlah cuci muka. Jangan menunda untuk bangkit jika kita telah terbangun, walaupun hanya 5 menit. Apabila kita menunda sebentar saja biasanya kita justru tertidur lagi dan begitu bangun sudah kesiangan.

7. Peregangan
Lakukanlan peregangan dengan memutar tubuh ke kanan kiri. Lakukan sedikit gerakan ringan. Hal ini agar pikiran menjadi focus dan energy mulai terkumpul. Sehingga rasa lemas atau melayang setelah bangun bisa perlahan berkurang dan hilang.

8. Minum air putih
Sepanjang malam selama tidur, tubuh kehilangan banyak cairan sehingga dengan segera minum air putih setelah bangun dapat mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Sehingga tubuh menjadi segar kembali dan rasa kantuk tentunya menjadi hilang.

9. Jadikan kebiasaan
Apabila kita menjadikan kebiasaan bangun pagi maka dengan sendirinya tubuh akan memprogram untuk secara otomatis kita bangun di waktu yang sama. Jika sudah menjadi kebiasaan maka manfaat bagi tubuh akan terasa homiers. Tubuh menjadi lebih fit dan pikiran lebih fresh sehingga lebih siap menjalani hari.

Demikian homiers beberapa tips supaya kita bisa bangun pagi. Ayo dapatkan banyak manfaat dengan membiasakan diri bangun pagi homiers. Selamat mencoba ya.. ūüôā

Share
Share