Tips Memasak Sayuran yang Tepat

Tips Memasak Sayuran yang Tepat

Homiers, suka sekali sama sayuran bukan? Karena memang banyak sekali manfaatnya buat kesehatan tubuh kita. Sayuran juga merupakan sumber vitamin untuk tubuh kita. Sayuran penting sekali untuk mencukupi kebutuhan gizi kita karena banyak mengandung vitamin, mineral dan serat yang baik untuk pencernaan. Agar hasilnya maksimal kita harus benar dalam mengolah sayuran agar kandungan gizinya tetap lengkap tidak berkurang. Berikut ada beberapa tips memasak sayuran yang tepat agar Homiers bisa mencoba :

  • Cuci sayuran sebelum dipotong-potong agar tidak melarutkan zat gizinya.
  • Jika sayuran yang akan diolah memiliki kulit, sebaiknya lakukan pengelupasan seminimal mungkin agar tidak terlalu banyak menghilangkan zat gizi yang justru terdapat di dekat kulit tesebut.
  • Sebaiknya potong sayuran dengan ukuran agak besar karena semakin kecil potongan sayuran, semakin banyak pula vitamin dan mineral yang dapat larut.
  • Metode pengolahan sayuran yang paling dianjurkan adalah dengan dikukus. Namun jika harus ditumis, pastikan minyak yang digunakan tidak terlalu banyak dan dimasak terlalu lama. Minyak yang panas dapat menguapkan gizi pada sayuran yang diolah.
  • Saat merebus sayuran, masukkan sayuran saat air sudah mendidih (Biarkan air mendidih selama kurang lebih dua menit hingga oksigen berkurang. Oksigen dalam airlah yang menyebabkan , vitamin C dalam sayur menguap).dan jangan masak terlalu lama. Semakin lama sayur dipanaskan, nutrisi di dalamnya akan terbuang.
  • Sebaiknya jangan lakukan pemanasan berulang kali pada sayuran yang sudah dimasak. Hal ini dapat berakibat pada hilangnya enzim-enzim sayuran yang seharusnya dapat bermanfaat bagi pencernaan.
  • Masak sayuran hijau dengan panci stainless sehingga keasamannya tidak bereaksi dengan logam.

Demikian tips memasak sayuran yang tepat, semoga bermanfaat buat homiers ūüôā

sumber: http://with-muslimah.blogspot.com

Share
Share