Tips Memaksimalkan Aset Property

Tips Memaksimalkan Aset Property

Pada mulanya rumah hanya di fungsikan sebagai tempat untuk menetap atau tempat tinggal saja, namun di era modern ini pradigma masyarakat telah berubah. Dari fungsi utama rumah yang semula di gunakan untuk tempat tinggal, namun sekarang di kota-kota besar rumah juga digunakan sebagai pilihan untuk investasi. Tak heran jika sering kita temui di kota-kota besar rumah yang kadang terlihat seperti tak berpenghuni karena lampu terus menyala dari siang sampai malah malam hari, mungkin itu adalah salah satu dari beberapa rumah yang digunakan oleh mereka yang suka untuk investasi di bidang property. Bahkan di suatu pameran property nasional yang di selenggarakan oleh beberapa developer besar, mengatakan bahwa mereka juga mempunyai klien yang selalu membeli unit rumah ketika lounching di lokasi baru.
Berinvestasi melalui property memang menguntungkan, karena dari tahun ke tahun harga property akan naik. Selain keuntungan berupa kenaikan harga property pada setiap tahunnya, keuntungan lainnya juga bisa didapatkan dengan menyewakan unit rumah tersebut, pada umumnya penyewaan tersebut dalam kurun waktu tahunan antara 1 tahun hingga 3 tahun. Hal itulah yang pada umumnya di lakukan untuk mendapatkan dari keuntung dan di dalam berinvestasi di bidang property, dengan kata lain investasi dibidang property akan mendapatkan keuntungan ganda, yaitu keuntungan dari hasil sewa tahunan dan kenaikan harga tanah dan property.
Jika dilihat dari harga kenaikan property / capital gaint presentasenya pun juga bevariatif, di kota-kota besar lebih cenderung tinggi dibandingkan di daerah yang sedang berkembang atau di luar perkotaan, tidak lain hal ini disebabkan karena permintaan, bahkan di beberapa lokasi yang setrategis capital gaint mencapai 15 – 20% pertahun. Sedangkan untuk pendapatan dari harga sewa property tersebut adalah menjadi kontribusi rutin tahunan yang langsung bisa dirasakan dari investasi property. Namun beberapa tahun terakhir muncul konsep baru di dalam memaksimalkan pendatatan melalui property, yaitu dengan menjadikan rumah/property Anda ibarat mesin ATM pribadi. Caranya dengan menjadikan rumah tersebut menjadi rumah sewaan harian yang dilengkapi dengan berbagai fasiltas layaknya hotel berbintang atau lebih familier dikenal dengan Home Stay atau Gueat House.
Konsep Home Stay atau Guest House akan memberikan kontribusi yang lebih besar di bandingkan dengan rumah sewaan bisa atau sewa tahunan. Misalkan, rumah type 135/140 dengan fasilitas 3 kamar tidur dengan dengan konsep Home Stay / Guest House dibandrol dengan harga 1 Juta per hari seperti rata rata pasaran harga sewa Home Stay/Guest House. Ilustrasinya jika dalam 1 bulan terisi 10 hari saja, maka omset unit Home Stay/Guest House tersebut adalah sebesar 10 juta per bulan, tentu angka ini lebih besar jika dibandingkan dengan dengan dengan unit rumah yang hanya disewakan biasa. Apa lagi unit tersebut di kelola dengan management guest house yang baik, maka pendapatannya akan lebih besar lagi dari ilustrasi awal tersebut.

Share
Share