Rumahku Desainku

Rumahku Desainku

Ada pepatah yang mengatakan Rumahku Istanaku, dari pepatah tersebut menjelaskan bahwa rumah merupakan tempat tinggal yang memberikan kenyamanan dan ketenangan bagi penghuninya. Rumah yang nyaman tidak mutlak harus mewah, ukurannya besar ataupun bangunannya yang bertingkat dan menjulang tinggi, namun rumah yang nyaman adalah rumah yang sesuai dengan kebutuhan penghuninya.

Aktifitas dan kesibukan keseharian seseorang tentu sangat beragam, maka untuk hunian atau rumah pun sebenarnya juga berbeda beda kebutuhannya. Sebagai contoh kecil adalah tentang tata tetak fasilitas dalam (fasad) rumah. Jika Anda mempunyai kegiatan atau rutinitas yang sering di dalam rumah misalnya seperti bisnis online, ataupun aktifitas pengecekan email dan laporan dari karyawan, partner Anda melalui laptop/tablet pasti Anda membutuhkan suatu ruangan yang dapat menunjang kenyamanan dalam aktifitas tersebut. Misalnya kamar atau ruangan yang difungsikan sebagai ruang kerja tambahan di rumah. Dan sebenarnya hal itu bisa Anda atasi dengan perencanaan diawal sebelum Anda membangun atau membeli rumah baru.

Jika akan membangun atau akan membeli sebuah rumah ada beberapa hal yang bisa di perhatikan, diantaranya adalah desain dan tata letak ruangan. Di dalam pembelian sebuah rumah baru yang berupa kavling siap bangun biasanya developer sudah memberikan paket berikut dengan desain rumah dan fasadnya. Dan untuk menyelaraskan antara paket yang telah disiapkan oleh developer dengan kebutuhan Anda, maka Anda bisa mendiskusikan dengan developer. Seperti layout ruangan dan beberapa bagian yang disesuaikan dengan kebutuhan anda sesuai dengan luasan bangunan standard yang telah ditentukan, ataupun juga Anda menambah luasan bangunan dari standard yang di tentukan oleh developer.

Cara lainnya adalah memakai jasa arsitek dalam mendesainnya, namun pastikan dulu Anda sudah mmpunyai gambaran umumnya, seperti modelnya, minimalis modern, mediteran dll. Setelah itu jangan lupa utarakan juga kebutuhan ruangan dan luasannya, hal tersebut dimaksudkan agar tidak terjadi ruangan kosong yang tidak terpakai dan penghematan biaya pembangunan awal. Karena seringkali kita temui beberapa rumah dari kerabat kita yang memiliki rumah yang besar dan banyak ruangan yang tidak terpakai. Dengan perencanaan yang baik dan sesuai kebutuhan maka rumah tersebut akan terasa lebih nyaman dan terkesan lebih ‘Homy’.

Share
Share