Taman Sederhana untuk Halaman Rumah

Taman Sederhana untuk Halaman Rumah

Betapa senangnya Homiers ketika kita melihat tanaman yang menghijau atau bunga warna-warni yang mekar di halaman rumah kita. Hal ini bisa menjadi penghilang stress tentunya setelah seharian beraktifitas. Memiliki taman tidaklah harus dengan budget yang tinggi atau harus memiliki halaman yang luas apabila kita bisa menyiasatinya. Nah, Homiers bagaimana supaya kita bisa memiliki taman yang sederhana namun tetap tidak mengurangi keindahannya? Berikut beberapa hal yang bisa kita coba:

  • Kenali karakteristik lahan

Maksudnya disini adalah kita perlu memperhatikan luas lahan, jenis tanah dan arah pancaran sinar matahari karena nantinya akan mempengaruhi jenis tanaman apa saja yang bisa kita pilih untuk ditanam.

  • Tentukan tema taman

Walaupun kita akan membuat taman yang sederhana dan bukan taman yang membutuhkan budget tinggi, tema taman tetap diperlukan. Hal ini agar kita menjadi terarah dalam merancang taman sederhana kita sehingga sesuai dengan keinginan. Tidak ada salahnya homiers melihat-lihat referensi design taman yang pernah Homiers lihat atau bisa juga googling, kemudian kita sederhanakan atau kita sesuaikan dengan budget dan luas lahan.

  • Tentukan jenis tanaman

Jenis tanaman yang akan kita tanam ditentukan oleh karakter lahan kita. Apabila lahan kita sempit jangan pilih tanaman-tanaman yang bisa tumbuh besar. Pilih tanaman bunga dengan beberapa warna yang berbeda agar saat berbunga menghasilkan kombinasi warna-warni bunga yang indah. Homiers dapat menyiasati lahan yang sempit dengan menanam tanaman dalam pot. Bahkan apabila Homiers ingin memiliki tanaman buah pun, maka bisa memilih tanaman buah dalam pot sehingga tidak membutuhkan area yang luas untuk tumbuhnya. Untuk bagian-bagian yang mendapat sinar matahari yang cukup bisa kita tempatkan banyak tanaman disana.

  • Rawatlah taman kita

Taman akan terlihat asri, tumbuh hijau sehat dan akan mendatangkan hawa sejuk tentunya apabila kita rutin untuk selalu merawatnya. Pastikan untuk menyiram taman setiap hari jika diluar musim penghujan. Dan tak lupa aplikasikan pupuk secara berkala. Untuk pupuk Homiers dapat menggunakan pupuk kompos hasil olahan kita sendiri sehingga lebih hemat bukan? Rapikan pula tanaman-tanaman yang sudah tumbuh atau menjadi berkembang biak. Kurangi tanaman yang sudah terlalu tumbuh rapat.

Nah, demikian tips untuk membuat taman yang sederhana di rumah kita. Taman sederhana pun tetap bisa menciptakan suasana teduh dan kesejukan bagi penghuni rumah. Apalagi jika taman itu adalah hasil karya kita sendiri tentunya akan mendatangkan kepuasan tersendiri bagi kita. Nah, selamat berkebun Homiers ūüôā

Share