Tips Cerdas Memilih Sofa

Tips Cerdas Memilih Sofa

Sofa bisa menjadi bagian penting dalam suatu rumah karena biasanya akan bertahan lama di dalam rumah. Oleh karena itu sangat perlu diperhatikan saat akan memilih sofa agar tahan lama dan tentunya nyaman untuk diduduki. Homiers sedang berencana untuk membeli sofa? Ada banyak sekali pilihan dengan berbagai model, bentuk, motif, dan juga bahannya. Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah fungsi sofa itu sendiri. Sofa biasanya dibedakan menjadi dua fungsi, yang pertama sebagai tempat duduk tamu di ruang tamu dan kedua sebagai tempat duduk keluarga saat bersantai di ruang keluarga. Nah berdasarkan fungsi ini tentunya Homiers harus menentukan cara memilih sofa yang tepat. Berikut beberapa tips yang bisa dicoba saat akan membeli sofa :

  • Sesuaikan ukuran sofa

Ukuran sofa yang perlu diperhatikan yaitu lebar dan tinggi punggung sofa. Untuk ruang yang sempit jangan memilih sofa yang berukuran besar atau lebar. Hal ini akan semakin membuat ruang menjadi penuh dan mengurangi space untuk menaruh interior rumah yang lain. Begitu juga dengan ketinggian punggung sofa perlu diperhatikan, jangan sampai menghalangi keserasian pandang saat kita ingin memandang dekorasi yang kita pasang di dinding.

  • Sesuaikan dengan tujuan/fungsi sofa.

Apabila sofa ditujukan sebagai tempat duduk tamu di ruang tamu, maka jangan pilih sofa yang terlalu empuk agar tamu tidak kesulitan bangun saat akan berdiri. Sofa yang empuk ini cocok sebagai sofa santai yang biasa kita letakkan di ruang keluarga sehingga nyaman untuk istirahat atau bersantai.

  • Perhatikan bentuk/model sofa

Fungsi sofa akan sangat menentukan model/bentuk sofa yang akan kita pilih. Jika diperuntukan sebagai kursi tamu, maka pilihkan model/bentuk yang lebih simpel dan terlihat formal. Untuk punggung sofa pilih yang tidak terlalu tegak dan tidak terlalu miring. Sedangkan apabila dipertuntukan sebagai kursi santai maka homiers bisa memilih model yang lebih bebas, bisa juga memilih sofa dengan model seperti tempat tidur sehingga bisa duduk dengan meluruskan kaki.

  • Pilih warna yang tepat

Untuk warna sebaiknya kita pilih warna-warna yang netral agar mudah dipadukan dengan dekorasi rumah yang lain. Selain itu warna netral ini membuat kita tidak mudah bosan karena mengingat sofa akan bertahan lama di rumah kita. Warna yang mencolok yang mungkin sedang populer saat ini akan mudah sekali ketinggalan zaman mengikuti perubahan model sofa.

  • Perhatikan bahan

Bahan pembungkus sofa bermacam-macam seperti katun, beludru, kulit sintetis atau kulit asli. Untuk sofa ruang tamu bisa juga kita pilih bahan kulit karena akan terlihat formal dan tentunya akan lebih awet. Untuk ruang keluarga bisa kita pilih bahan yang lembut sehingga nyaman saat bersantai di sofa. Bahan sofa ini tentunya juga akan mempengaruhi harga sofa Homiers. Jadi tetap sesuaikan dengan budget yang kita miliki ya.

Demikian sedikit tips memilih sofa dari kami. Semoga bermanfaat ya ūüôā

Share