Tips Membersihkan Furniture Ukiran

Tips Membersihkan Furniture Ukiran

Homiers memiliki furniture atau mebel dirumah yang berupa ukiran? Mebel yang memiliki bagian berupa ukiran dapat memberikan kesan klasik, elegan, dan hangat pada ruangan yang ditempatinya. Namun, karena ukiran ini memiliki bagian yang cukup rumit bisa berupa lekukan atau sela-sela maka hal ini membutuhkan perhatian lebih saat membersihkannya.

Membersihkan ukiran hanya dengan kita sapukan dengan kemoceng tidak dapat membersihkan debu-debu yang menempel di sela-sela ukiran. Sehingga semakin lama debu di sela-sela semakin melekat bahkan sela-sela ukiran ditumbuhi sarang laba-laba. Tentunya sayang sekali mebel ukiran kita menjadi tampak tak terawat Homiers. Nah..bagaimana cara mudah dan sederhana agar kita dapat membersihkan furniture ukiran kita? Mari kita simak tips membersihkan furniture ukiran berikut ini :

  • Bersihkan dengan kuas kering.

Kuas bisa kita sesuaikan dengan ukuran sela-sela ukiran kita sehingga dapat menjangkau seluruh sela-sela ukiran. Bersihkanlah sela-sela ukiran kita dengan kuas yang kering sampai benar-benar bersih. Jangan menggunakan benda tajam misalnya pisau, gunting, atau cutter, karena benda ini dapat menimbulkan goresan pada permukaan kayu mebel kita. Hal ini tentunya merusak keindahan mebel ukiran kita.

  • Gunakan cairan pengkilap.

Cairan pengkilap furniture kini telah banyak beredar di pasaran. Semprotkan cairan ini pada kain lap yang berbahan halus kemudian usapkan secara halus dan merata di permukaan furniture. Tunggu beberapa saat kemudian lap kembali dengan kain yang kering dan halus untuk mengeringkannya. Cairan pengkilap ini berfungsi menjaga permukaan furniture dari goresan dan memberikan kesan mengkilap dan bersih.

  • Jangan menggunakan air.

Membersihkan dengan menggunakan lap yang dibasahi air tidak dapat membersihkan furniture dan sela-sela ukiran karena justru akan meninggalkan warna kusam pada furniture.

Pembersihkan seperti ini dapat dilakukan seminggu sekali. Sedangkan untuk membersihkan harian bisa dengan menyapukan kemoceng. Dan agar mebel ukiran kita tetap awet jika perlu kita dapat melakukan finishing ulang dalam 2-3 tahun sekali. Hal ini perlu terutama apabila furniture kita merupakan barang antik sehingga akan sangat sayang jika semakin lama semakin tak terawat.

Demikian homiers, tips membersihkan furniture ukiran agar tetap terawat dan kinclong. Mudah sekali bukan? Semoga bermanfaat ya Homiers dan selamat membersihkan furniture ukiran ya ūüôā

Share
Share