Gratis Tiket Masuk Candi di Jogja

Gratis Tiket Masuk Candi di Jogja

Kabar gembira Homiers…kini untuk berkunjung ke objek wisata candi-candi di kawasan kota Yogyakarta bisa sedikit irit. Karena kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli tiket masuk area candi. Pengunjung cukup mengisi buku tamu yang disediakan petugas jaga atau satpam.

Namun walaupun masuk kawasan candi dengan gratis, kita diharuskan untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan candi dan tidak boleh merusaknya, karena merupakan warisan sejarah yang sangat berharga.

Untuk semua area candi gratis tanpa membeli tiket, kecuali tiga candi yakni Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko karena ketiga candi tersebut dikelola di bawah naungan Badan Usaha Milik Negara. Sedangkan untuk candi-candi pada zona I tetap dikelola sepenuhnya oleh BPCB (Balai Pelestarian Cagar Budaya), dan candi-candi yang sepenuhnya dikelola BPCB sekarang semuanya gratis. Candi yang dibawah naungan BPCB yaitu Candi Sambisari, Candi Sari, Candi Kalasan, Candi Ijo, Candi Barong, Situs Candi Watugudik, Candi Gebang, dll.

Dengan tidak dipungut biaya masuk, diharapkan minat wisatawan berkunjung ke candi akan meningkat. Alhasil, beberapa candi seperti Candi Sambisari, Candi Sari, dan Candi Kalasan di wilayah Kalasan, Sleman, Yogyakarta, bisa mengalami peningkatan. Begitu juga area candi lain, seperti Candi Ijo, Candi Barong, Situs Candi Watugudik, Candi Gebang, dan masih banyak lagi.

Peraturan gratis masuk area candi diberlakukan mulai Maret 2014 lalu. Sebelumnya, masuk area candi harus merogoh kocek Rp 2.000,- per orang dewasa dan Rp 1.000,- untuk anak-anak. Sementara, wisatawan mancananegara Rp 5.000,- per orang.

Nah Homiers, irit kan ketika berlibur di Kota Jogja tanpa merogoh kocek kita sudah bisa melihat warisan sejarah Indonesia.

 

Dari berbagai sumber

Share
Share