Menikmati Pemandangan di Kebun Buah Mangunan

Menikmati Pemandangan di Kebun Buah Mangunan

Homiers ingin berlibur dikawasan argowisata di Kota Yogyakarta? Kebun Buah Mangunan bisa menjadi pilihan tepat untuk liburan bersama keluarga dan teman.

Kebun Buah Mangunan terletak di Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Lokasi ini berjarak sekitar 15 km dari ibukota Kabupaten Bantul dan 35 km dari pusat Kota Yogyakarta. Lokasi ini mulai dibangun oleh Permerintah Kabupaten Bantul pada tahun 2003 di atas seluas 23.3415 hektar pada ketinggian 150-200m diatas permukaan laut. Titik ketinggian tersebut membuat kawasan ini memiliki udara yang sejuk serta pemandangan pegunungan seribu yang menawan Homiers.

Tempat wisata Kebun Buah Mangunan sangat cocok untuk Homiers yang ingin melepas penat setelah pikiran terbebani dengan segala rutinitas yang Homiers kerjakan. Kebun Buah ini memiliki berbagai macam koleksi tanaman buah, diantaranya durian, mangga, jeruk, belimbing, rambutan, sirsak, jambu monyet, dan jambu biji. Pada saat musim buah, disini para pengunjung dipersilahkan untuk memetik buah langsung dari pohonnya. Untuk menambah kesejukan selain tanaman buah-buahan terdapat pula tanaman jati, king grass, pagar hidup berupa salak, magium, dan pinus. Selain tanaman buah-buahan, pengunjung juga dapat melihat beberapa koleksi satwa, seperti rusa timor yang ditangkarkan di sini.  Penangkaran Rusa Timor (Cervus timorensis) ini merupakan kerja sama antara pihak BKDSA Yogyakarta dengan pihak pengelola Kebun Buah Mangunan (Departemen Pertanian dan Kehutanan Pemkab.Bantul).

Sebagai objek wisata, Kebun Buah Mangunan memiliki fasilitas untuk umum yang tersedia cukup memadai. Di sini tersedia 3 buah home stay, 3 buah aula dengan kapasitas cukup besar, MCK, areal untuk api unggun, kemping, gasebo-gasebo kecil di bawah rindangnya pepohonan, kolam renang anak-anak dengan kedalaman 0,5-1 m, kolam dengan perahu bebek yang dapat ditumpangi 2 orang, jembatan goyang, flying fox, refling, tracking, aneka game dan pemandangan alam yang indah dari gardu pandang. Banyak sekali kan Homiers..

Sebenarnya yang paling menarik dari wisata Kebun Buah Mangunan ini adalah view pemandangan alamnya yang sangat indah. Disini kita akan dimanjakan oleh panorama gunung dengan lembahnya yang eksotis. Jika kita pernah ke jembatan gantung Imogiri yang lokasinya deket dengan jalan masuk ke wisata Gua Cerme, kita dapat melihat jembatan ini dari atas, karena lokasi jembatan gantung tepat di bawah Kebun Buah Mangunan.

Jika kita menginap disini, kita bisa menikmati segarnya udara pegunungan sambil menikmati sunrise yang begitu indah. Kalaupun tidak bisa melihat sunrise kita masih bisa menikmati indahnya sunset kebun buah mangunan. Menikmati panorama alam sambil menunggu matahari yang kian menghilang sungguh pemandangan yang sangat bagus.

Nah homiers, berkunjung ke Kebun Buah Mangunan ini bisa menjadi alternatif untuk berlibur bersama keluarga dan sejenak menghilangkan penat kita.

Dari berbagai sumber.

Share
Share