Pesona Candi Ratu Boko

Pesona Candi Ratu Boko

Homiers, saat kita mengunjungi Candi Prambanan, Homiers pasti akan ditawari tiket terusan ke komplek istana Ratu Boko. Memang letaknya hanya beberapa menit saja ke arah selatan melewati pasar Prambanan menuju Piyungan yang dapat di akses dengan kendaraan apapun. Walaupun tidak terkenal seperti Candi Prambanan dan Borobudur, ternyata Istana Ratu Boko menyimpan keunikan dan kemegahan tersendiri dari istana yang di bangun sekitar abad ke-8 tersebut. Penasaran Homiers?

Candi Ratu Boko adalah salah satu bangunan sejarah yang berlokasi di sekitar Candi Prambanan. Mungkin, sebagian orang lebih mengenal Candi Prambanan dari pada Candi Ratu Boko. Namun, keindahan candi ini pun tidak kalah dengan Candi Prambanan. Menurut para ahli sejarah, Candi Ratu Boko ini mempunyai banyak fungsi yang terdiri dari beberapa komponen, misalnya sebagai benteng istana dan juga sebagai gua.

Candi Ratu Boko terletak di kecamatan Bokoharjo, kabupaten Sleman. Luasnya yang mencapai 16 ha. membuat wilayah Ratu Boko masuk dalam dua desa, Dawung dan Sambirejo. Lokasinya kurang-lebih 17 km di sebelah timur kota Jogja dan dapat diakses lewat Jalan Raya Yogyakarta-Solo.

Candi Ratu Boko, sebagai salah satu peninggalan purbakala mempunyai bentuk yang berbeda dari candi-candi lain pada zaman Jawa Kuno yang biasanya identik dengan bangunan untuk tujuan keagamaan. Candi Ratu Boko sendiri dapat dikatakan sebagai komplek keraton yang lengkap dengan adanya gerbang masuk, tempat tinggal, pendopo, tempat pemandian serta pagar pelindung. Selain itu, candi Ratu Boko juga dibangun diatas bukit yang lumayan tinggi dan menjadikan tempat ini sebagai salah satu candi yang dapat memberikan udara segar dan sejuk serta pemandangan alam dari atas bukit yang sangat mempesona. Pasti indah banget Homiers pemandangannya. Keberadaan candi yang berada di atas bukit juga memunculkan spekulasi bahwa hal ini berkaitan untuk keamanan keraton agar tidak mudah diserang oleh musuh yang ingin menguasi keraton.

Selain melihat-lihat kompleks candi yang bersejarah, Ratu Boko juga menyediakan panorama cantik. Apa lagi pada saat senja. Di Plaza Andrawina, salah satu bagian Candi, jika melihat ke utara pengunjung akan melihat pemandangan cantik kota Jogja dan candi Prambanan dengan Gunung Merapi sebagai latar belakangnya. Saat senja, nuansa sekitar candi akan semakin cantik dengan semburat jingga matahari senja. Jika berkeliling di candi Ratu Boko, kita akan menyaksikan sebuah tempat kremasi yang berada disebelah kiri gapura. Namun, penggunaan dari tempat kremasi ini masih diteliti karena bisa saja tempat ini dijadikan tempat untuk sesajen, altar persembahan, atau kegiatan tertentu. Jika kita mengamati lebih jauh lagi tentang candi Ratu Boko, Homiers dapat melihat bahwa bila dilihat dari tata letaknya, bangunan di candi ini dikelompokan menjadi lima bagian, yaitu kelompok gapura utama, kelompok paseban, kelompok pendopo, kelompok kaputren, dan kelompok gua.

Untuk lebih memberikan pelayanan yang baik untuk para wisatawan, kini Candi Ratu Boko dikelola dengan sistem otoritas khusus bersama dengan pengelolaan Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Dengan penataan ulang, maka diharapkan Candi Ratu Boko dapat menjadi salah satu obyek wisata pendidikan sejarah dan budaya di Jogja. Selain itu, Homiers dapat melihat rusa yang lucu dan melihat tingkah mereka sambil mengambil foto di sekitar Candi Ratu Boko. Asik kan Homiers?

Dan karena sekarang dikelola secara profesional oleh pemerintah lokal, maka para wisatawan semakin dimanjakan dengan banyak fasilitas yang ditawarkan. Seperti pusat informasi, ruang pamer, gardu pandang untuk menikmati pesona alam Candi Ratu Boko di atas bukit, kamar mandi, perkantoran, tempat parkir, tempat untuk kemah, taman, serta infrastruktur jalan yang mendukung sehingga akses menuju ke Candi Ratu Boko menjadi semakin mudah.

Homiers, pada saat berlibur ke Candi Prambanan tidak ada salahnya mampir mengunjungi Candi Ratu Boko karena letaknya memang berada di satu kawasan. Dan untuk dapat menikmati pemandangan dan keasrian Candi Ratu Boko, jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan pesona yang ditawarkan oleh Candi Ratu Boko ya. ūüôā

Dari berbagai sumber.

Share
Share