Pesona Keindahan Pantai Wediombo

Pesona Keindahan Pantai Wediombo

Homiers tahu Pantai Wediombo? Pantai Wediombo adalah salah satu pantai yang terletak di Gunung Kidul. Di kawasan Gunung Kidul merupakan daerah yang terletak di ujung selatan Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki potensi wisata yang sangat beragam, antara lain potensi dari wisata pantai. Salah satu pantai yang sudah dibuka untuk wisatawan namun kondisinya masih jarang terjamah oleh wisatawan adalah Pantai Wediombo.

Pantai Wediombo tepatnya terletak di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Daerah Tingkat II Gunung Kidul. Kata Wediombo dari bahasa jawa yang artinya wedi : pasir dan ombo : luas, dan bila di satukan menjadi pantai yang pasirnya luas. Itu memang benar, pasir putih yang membentuk teluk dan membentang dari ujung selatan ke utara dan menghadap ke barat sangat luas.

Penduduk setempat memang mengungkapkan bahwa nama pantai ini yang diberikan oleh nenek moyang tak sesuai dengan keadaannya. Ada yang mengungkapkan, pantai ini lebih pantas menyandang nama Teluk Ombo, sebab keadaan pantai memang menyerupai teluk yang lebar. Terdapat batu karang yang mengapit, air lautnya menjorok ke daratan, namun memiliki luas yang lebih lebar dibanding teluk biasa.

Di pantai Wediombo kita akan dimanjakan pemandangan-pemandangan yang sangat indah. Di sana kita akan dimanjakan dengan susunan batu karang yang indah, tempat bersembunyinya ikan-ikan penghuni tepian pantai Wediombo. Kita juga bisa memancing di ketinggian bukit karang yang ditawarkan dari wisata Wediombo ini. Saat ini jenis wisata yang bermula dari kebiasaan memancing penduduk setempat ini tengah digemari oleh para pehobby dari kota Yogyakarta dan Wonogiri. Menurut penduduk setempat mendapatkan ukuran ikan besar merupakan tujuan utama para pehobby itu.

Bukan hal yang mudah untuk memancing di bukit karang, sebab letaknya jauh dari pantai. Bukit karang itu baru bisa dijangkau setelah berjalan kearah timur menyusuri bibir pantai, naik turun karang hingga tepian pantai yang terjal, licin, dan kadang dihempas ombak besar, kemudian naik lagi hingga puncak bukit karang yang langsung berhadapan dengan laut lepas yang dalam. Bagi yang telah terbiasa saja, perjalanan menuju bukit karang bisa memakan waktu satu jam.

Pada sore harinya mata kita akan dimanjakan pada peristiwa alam dimana sang matahari kembali ke peraduannya. Dari tepian pantai Wediombo yang kebetulan menghadap ke arah barat, jadi kita akan bisa leluasa menyaksikan peristiwa indah ciptaan Allah SWT.

Share