Sego Pecel Makanan Khas Kota Jogja

Sego Pecel Makanan Khas Kota Jogja

Homiers pasti sudah tahu bahwa Kota Yogyakarta tidak saja dikenal sebagai kota pelajar, tetapi juga sebagai kota yang memiliki kekayaan kuliner. Salah satu makanan khas selain gudeg yang merupakan legenda kuliner terkenal di Yogya adalah Sego Pecel Bu Wiryo (lebih terkenal dengan sebutan SGPC Bu Wiryo) yang berdiri sejak 1959. Keberadaan warung pecel ini di tengah-tengah lingkungan akademisi Universitas Gadjah Mada menjadi nilai jual tersendiri.

Berbicara tentang sejarah SGPC Bu Wiryo, seperti telah disebutkan di atas bahwa SGPC Bu Wiryo didirikan pada tahun 1959, oleh pasangan suami istri Dario dan Suyati yang memiliki nama keluarga Wiryosoenarto. Pada saat didirikan warung ini berlokasi di sebelah timur KPTU UGM. Pada tahun 1994  lokasi warung ini bergeser ke Jalan Agro CT VIII, Sleman, sebelah utara Selokan Mataram.

Pecel, salah satu kuliner khas Jogja. Mempunyai karakter kumpulan-kumpulan sayur yang telah direbus, biasanya terdiri dari tauge, kangkung, bayam, kacang panjang dan lain-lain diguyur oleh bumbu pecel khas yang terbuat dari kacang. SGPC sendiri merupakan singkatan dari kata Sego Pecel (Nasi Pecel). Adonan Bumbu pecel yang pas menjadi andalan dari tempat makan yang satu ini, bumbu kacangnya memang menyajikan cita rasa manis dan pedas yang terpadu secara sempurna sehingga membuat rasa khas tersendiri.

SGPC Bu Wiryo masih mempertahankan bangunan sederhana, meja dan bangku panjang yang terbuat dari kayu berjejer memenuhi bagian dalam warung ini, semakin memberikan kesan kuat bahwa SGPC Bu Wiryo bersahaja dan tetap konsisten mewarisi budaya tradisional. Selain itu ada pula grup musik yang siap menghibur Homiers apabila singgah ke warung ini dengan memainkan lagu-lagu pop dan lagu daerah.

Sesuai dengan namanya, menu utama warung ini tentu saja sego dan pecel (nasi dan pecel). Bukan sego pecel yang biasa kita temui, melainkan sego pecel spesial dengan balutan bumbu yang spesial pula. Kita mungkin akan heran, karena tidak sampai 2-3 menit menu yang kita pesan siap disantap. Kecepatan dan kesigapan pramusaji sangat diutamakan untuk menghargai kedatangan para pengunjung. Untuk masalah harga kita tidak perlu khawatir, karena untuk harga sangat terjangkau.

Jadi untuk Homiers yang akan berlibur ke Jogja, jangan lupa ya untuk mencoba mencicipi Sego Pecel yang menjadi salah satu makanan khas Jogja ini.

Dari berbagai sumber

Share
Share