Warung Sambal Welut Pak Sabar

Warung Sambal Welut Pak Sabar

Homiers, kali ini kita akan membahas mengenai salah satu kuliner yang merupakan kuliner favorit yang ada di kota Jogja yaitu sambel welut Pak Sabar. Warung sambal welut Pak Sabar adalah warung makan yang menyajikan menu ikan air tawar seperti belut, ikan gabus, dan lele lokal.

Warung makan ini terletak di Dokaran, Tamanan, Banguntapan, Bantul. Dari kota Yogya jaraknya sekitar 6 km. Arahnya dari Jln. Sisingamangaraja atau Jalan Imogiri Barat ke selatan sampai bertemu dengan ringroad selatan, masih ke selatan lagi sekitar 1,5 km sampai melewati  dusun Ngoto (Jln. Imogiri Barat Km. 6)  kemudian belok ke timur sampai ketemu papan nama Pak Sabar.

Apa itu welut? Welut dalam bahasa Indonesia adalah belut. Warung sambal welut Pak Sabar berdiri pada tahun 1993 dengan angkringan di tepi jalan, sambal belut dibungkusi seperti nasi kucing pada umumnya. Namun cara ini hanya bertahan seminggu, kemudian berjualan dengan piring dan sambal di masak sekaligus kemudian ditaruh di panci, ketika ada pembeli tinggal mengambil. Semenjak tahun 2003, Pak Sabar berjualan di rumahnya yang terletak 50 m dari jalan. Dan semenjak tahun 2006 menjual sambal belut yang sudah dihilangkan durinya dan sambalnya dimasak ndadak (segera) setelah ada pesanan. Semenjak tahun 2006 ini warung Pak Sabar mulai naik daun, masuk ke berbagai media cetak dan elektronik, semakin terkenal, sehingga pelanggannya semakin banyak.

Menu belut memang jadi andalan di warung ini. Tapi selain belut, tersedia pula menu lele goreng dan gurame. Untuk minumannya tersedia teh (panas/es) dan jeruk (es/panas). Uniknya kita bisa meminta gula batu sebagai bahan pemanis dari es teh atau es jeruk kita. Istimewanya, sambel belut biasanya dihidangkan dengan nasi dan belut goreng serta lalapan. Sambel belutnya sendiri bukan berbentuk sambel trasi biasa. Sambel belutnya merupakan campuran sambal (cabe merah rawit, bawang, dan bahan lain kemudian diberi sedikit kencur) dan belut (yang telah dibuang tulangnya) diulek bersama-sama hingga belutnya hancur.  Untuk harganya di Warung sambel welut Pak Sabar ini dihitung per ons.

Keramahan Pak Sabar dan Bu Sri, pemilik warung ini, membuat suasana bersantap serasa seperti sedang berada di rumah sendiri. Warung Pak Sabar buka setiap hari mulai dari pukul 10.00 pagi sampai 10.00 malam.

Dari berbagai sumber.

Share
Share