Bandung, Jejak yang Tak Terlupakan

Bandung, kota sejarah yang tidak akan pernah mati dihati setiap pecinta budaya. Bandung merupakan kota tua yang tak akan pernah hilang dimakan zaman. Indahnya kota tua yang terus menggeliat di tengah moderenisasi. Bangunan tua seakan berkata ‘lihatlah aku jika kau ingin mengenal sejarah tempo dulu’.

Berkeliling di tengah hiruk pikuknya kota Bandung, menjejajaki langkah sejarah, menapaki setiap hal di masa lalu seakan membawa raga dan jiwa pada hari-hari dimana para pejuang mengorbankan jiwa dan raga mereka demi meraih kemerdekaan dan kebebasan dari tangan penjajah.

Bandung dulu bukanlah Bandung yang sekarang. Bandung yang dulu masih dikelilingi luasnya sawah dan hijaunya hutan. Tapi, Bandung sekarang sudah berubah menjadi hutan-hutan pencakar langit yang berbuah cahaya lampu pada malam hari.

Tapi, tentunya kita tidak mungkin bisa lari dari kenyataan. Bukan suatu hal yang salah jika Bandung sudah berubah menjadi kota metropolitan. Tapi yang menjadi masalah ialah bagaimana menyeimbangkan antara suasana metropolitan dengan kelestarian budaya yang tidak akan pernah padam.

Semua orang sudah meyakini 100% kalau Bandung itu surga bagi para pelancong. Dari mulai objek wisata alam sampai ke shopping mall, semua ada di tanah priangan ini. Selain itu keramahan dan senyum yang tak pernah lepas dari urang sunda, merupakan magnet tersendiri bagi setiap wisatawan, baik domestik maupun asing.

Jika kita ingin napak tilas sejarah yang mungkin sudah lama tak terungkap, kita bisa menapaki setiap bangunan tua di Jalan yang sangat bersejarah, Jalan Asia Afrika dan juga Jalan Braga. Kita bisa mengenang sejarah dan cerita masa lalu dari mulai Sosieteit Concordia (Gedung Merdeka), Hotel Preanger, Hotel Savoy Homann, dan tempat bersejarah lainnya.

jalan-jalan menikmati wisata di bandung menikmati wisata dan liburan di kota bandun

Bandung juga tidak terlepas dari kawasan wisata alam yang menggoda hati. Keindahan alam yang masih asri membuat Bandung masih tetap terasa sejuk dan nyaman untuk melepas penat. Meskipun perlu diakui, pembangunan beberapa gedung bertingkat sedikitnya menyumbang pengikisan lapisan ozon. Tapi untungnya masih ada beberapa kawasan yang tetap terjaga dari tangan-tangan pengusaha yang tidak peduli lingkungan.

Di kota ini, kita masih bisa menikmati hijaunya sawah dan sejuknya udara pegunungan. Pohon-pohon tinggi masih menghiasi beberapa bagian dari kota ini. Beberapa tempat masih saja seperti dulu. Kalaupun ada perubahan, tapi nuansa alamnya tidak akan pernah berubah. Contohnya saja Gunung Tangkuban Parahu yang tidak pernah berhenti menyebar virus eksotik alam pegunungan berbalut cerita rakyat yang sangat terkenal. Kisah seorang anak yang mencintai ibunya sendiri, Legenda Sangkuriang dan Dayang Sumbi.

Kita juga bisa menjejaki beberapa kawasan wisata alam yang lainnya Taman Hutan Raya, Kawah Putih, dan juga masih banyak lagi tempat yang selalu menyajikan atmosphere sejuk dan nyaman.

wisata alam di bandung yang menawan keindahan wisata alam bandung yang asri dan sejuk

Bandung memang tidak akan pernah sepi dari cerita. Akan ada banyak kisah yang menyenangkan jika kita menghabiskan waktu di Paris Van Java ini. Rasanya setiap jejak yang kita tinggalkan di kota ini, akan meminta setiap orang untuk kembali menyapa udara dingin dan ramahnya penduduk. Sungguh tidaklah berlebihan jika ada sebuah pernyataan, “Tuhan sedang tersenyum ketika menciptakan kota Bandung”.

Oleh : Intan Daswan

Share
Share