Bandung, Surga Kuliner yang Selalu Memanjakan Perut Wisatawan

Bandung, sebuah kota yang terkenal akan kesejukan dan keramahan penduduknya. Memang, belakangan Bandung tidaklah seindah Bandung seperti 20 tahun ke belakang. Mudahnya akses menuju Bandung saat ini, membuat kota berjuluk ‘Paris van Java’ ini menjadi sangat ramai dan penuh polusi akibat padatnya kendaraan yang membanjiri Bandung saat ini.

Tapi walau Bandung kini mempunyai banyak permasalahan tata kota, ibu kota dari Jawa Barat ini tetap menarik untuk dibahas, apalagi jika membahas tentang kulinernya. Yah, selain terkenal sebagai kota mode dan kota yang menawarkan banyak tempat wisata, Bandung juga terkenal akan keberagaman kulinernya, baik kuliner lokal maupun kuliner modern ala internasional. Oleh karena itu, mari kita bahas kuliner khas Bandung yang akan menggoyang perut kita semua.

Siapa yang tidak kenal Batagor? Hampir kita semua pasti mengenal dan pernah makan batagor. Batagor atau Bakso Tahu Goreng adalah makanan ringan khas Bandung yang terbuat dari ikan yang digiling lalu dimasukkan ke dalam tahu. Batagor semakin nikmat dimakan setelah disiram dengan bumbu kacang. Saking populer dan enaknya Batagor khas Bandung, banyak orang yang bilang, “ke Bandung tidak akan lengkap jika tidak mencicipi Batagor”.

Kenyang mencicipi Batagor, beralih ke makanan khas Bandung lainnya, yaitu Oncom. Oncom merupakan sebuah makanan yang bisa diolah lagi menjadi menjadi berbagai makanan seperti Pepes Oncom, Sambal Oncom, Tutug Oncom, dan Ulukutek Leunca. Bahkan oncom juga bisa dijadikan isi lontong dan menjadi cemilan yang kini populer dengans sebutan Comro.

Bahan baku pembuatan oncom adalah kacang tanah yang telah melalui proses peragian. Proses pembuatannya hampir mirip seperti pembuatan tempe, hanya bahan baku dan jenis raginya saja yang membedakan. Butiran kacang pada oncom akan menghasilkan karakter rasa yang kuat dan kompleks setelah melalu proses fermentasi.

Oncom sudah dibungkus, sekarang saatnya membeli brownies kukus yang sangat terkenal di Bandung, yaitu Brownies Amanda. Saat ini Brownies Amanda sudah menjadi ikon kuliner kota Bandung, bahkan saking populernya, kini Brownies Amanda sudah bisa ditemukan di seluruh kota besar Indonesia.

Selain karena rasa yang sudah tidak perlu diragukan lagi, proses produksi yang higienis serta penyajian yang unik dan inovatif membuat Brownies Amanda menjadi kuliner paling dicari di Bandung. Hal itulah yang membuat Brownies Amanda menjadi makanan wajib untuk dijadikan oleh-oleh.

Yang terakhir kuliner Bandung yang wajib untuk dicicipi dan dijadikan sebagai oleh-oleh adalah Peuyeum atau biasa disebut tape singkong. Peuyeum adalah makanan yang dibuat melalui proses fermentasi dimana singkomng menjadi bahan bakunya. Rasanya yang enak dan harganya yang murah, menjadikan Peuyeum sebagai makanan yang paling dicari oleh pengunjung Bandung. Tapi yang patut kita ketahui dari Peueyeum ini adalah manfaat bagi tubuh manusia jika kita memakannya.

Peuyeum ternyata bermanfaat bagi sistem pencernaan dimana peueyem dapat meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam tubuh dan mengurangi jumlah bakteri jahat. Selain bermafaat bagi pencernaan, Peuyeum mampu mencegah anemia dikarenakan mikroorganisme yang berperan di dalam fermentasi mampu menghasilkan vitamin B12. Jadi walau harganya sangat murah, bukan berarti Peuyeum tidak mempunyai manfaat apa-apa bagi tubuh. .

Itulah kuliner wajib yang wajib kita cicipi jika berkunjung ke Bandung. Tapi tunggu dulu, bukan berarti kuliner di Bandung hanya sebatas itu. Masih banyak kuliner lokal maupun modern yang wajib kita cicipi.

Untuk kuliner lokal masih ada Mie Kocok Bandung yang berbahan dasar mie kuning dan tauge yang diberi kuah panas dari kaldu kaki sapi dan diberi potongan kecil kikil, kemudian ada Surabi Bandung, yang menjadi salah satu makanan ringan paling dicari di Bandung, lalu ada Gepuk, Colenak, dan Seblak yang akan menjadi kuliner wajib untuk dicicipi jika kita berkunjung ke Bandung.

Dan untuk kuliner modern sepertinya sudah tidak perlu diragukan lagi. Karena mulai dari kuliner khas Asia sampai Eropa dengan hasil modifikasi masing-masing restoran, sangatlah menggiurkan untuk dinikmati pengunjung. Di tiap sudut kota Bandung sudah banyak menjamur restoran maupun kafe yang menyajikan kuliner unik dan lezat.

Jadi Bandung masih sangat layak untuk kita kunjungi bukan? Berkeliling kota Bandung tidak akan terasa lelah jika perut kita diisi dengan makanan-makanan lezat khas Bandung.

Oleh : Aldika Viallinata

Share
Share