Berwisata Alam dan Sejarah di Gua Selarong

Daerah Istimewa Yogyakarta sepertinya masih menjadi primadona tujuan wisata di Indonesia. Di daerah ini terdapat berbagai objek wisata yang sangat menarik untuk di kunjungi, salah satunya adalah Gua Selarong. Gua Selarong merupakan objek wisata alam yang bersejarah karena dahulu di tempat ini Pangeran Diponegoro bermarkas dan menyusun taktik perang gerilya melawan penjajah.

Gua Selarong terletak di Dusun Kembang Putihan, Kelurahan Guwosari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Tempat ini adalah daerah perbukitan kapur yang berhawa sejuk karena banyak ditumbuhi pohon yang rindang. Untuk mencapai Gua Selarong, pengunjung bisa menaiki anak tangga yang terdapat di samping gua. Setelah sampai di atas, kita akan menemukan dua buah gua, yaitu Gua Kakung dan Gua Putri.

Gua kakung berukuran lebih kecil dari Gua Putri. Lebarnya hanya sekitar tiga meter, tingginya dua meter, dan kedalamannya tidak lebih dari lima meter. Konon di gua ini Pangeran Diponegoro bersembunyi dari penjajah Belanda, sedangkan Gua Putri digunakan sebagai tempat peristirahatan bagi istri Pangeran Diponegoro, Raden Ayu Ratnaningsih. Di depan kedua gua tersebut diberikan pagar pembatas untuk menjaga pengunjung dari batuan kapur yang rawan longsor.

Masih di sekitar objek wisata Gua Selarong, di sebelah barat ada air terjun yang mengalir dari atas bukit setinggi 15 meter. Di sisi sebelah timur terdapat pendopo yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk menikmati keindahan Gua Selarong. Fasilitas penunjang di objek wisata ini juga cukup bagus. Akses jalan di tempat ini beraspal halus dan banyak dipasang petunjuk arah untuk membantu pengunjung. Terdapat arena outbound dan wahana permainan untuk anak-anak. Selain itu area perkemahan juga tersedia di tempat wisata ini.

Jangan lupa juga untuk berkunjung ke sumber mata air Sendang Manik Moyo dan Sendang Umbul Moyo yang letaknya tidak jauh dari air terjun. Sumber mata air Sendang Manik Moyo dipercaya sebagai tempat mandi Pangeran Diponegoro dan Sendang Umbul Moyo biasa digunakan untuk keperluan memasak serta mencuci. Kedua Sendang ini adalah sumber mata air abadi yang tidak pernah penuh dan kering. Untuk mencapai sumber mata air tersebut pengunjung bisa melewati jalan setapak sepanjang 150 meter.

Kekayaan pariwisata Yogyakarta memang tidak perlu diragukan lagi. Wisata alam, wisata budaya, sampai wisata kuliner dapat kita temukan di sini. Berwisata ke Gua Selarong mungkin bisa menjadi pilihan jika Anda sedang berkunjung ke Yogyakarta. Dengan harga tiket masuk yang cukup murah, Anda akan mendapatkan fasilitas yang tidak mengecewakan. Selain dapat menyegarkan pikiran, mengunjungi tempat wisata alam juga dapat menambah rasa syukur kita sebagai umat manusia atas anugerah keindahan alam yang Tuhan berikan.

Oleh : Agung Septian

Share
Share