Keragaman Dibalik Kota Yogyakarta

Siapa yang tidak tau kota di Indonesia yang sangat kental akan budaya jawa dan merupakan penghasil makanan yang sangat unik yaitu Gudeg. Ya, kota itu adalah Kota Yogyakarta. Kota Yogyakarta merupakan salah satu kota paling memukau diantara kota-kota indah di Indonesia. Kota Yogyakarta juga merupakan salah satu pusat tujuan para pelancong untuk menikmati keindahan dan keunikan suasana kota Yogyakarta, kota Yogyakarta juga memiliki berbagai macam keragaman kekayaan alam/tempat wisata, budaya, kuliner, dan lain sebagainya.

Pertama kita akan mengulas lebih dalam mengenai tempat wisata yang ada di Yogyakarta, sudah tidak asing lagi kita mendengar mengenai Tugu Yogyakarta yang merupakan maskot di kota idaman tersebut, Tugu Yogyakarta tersebut terletak di daerah perempatan Jl. Jendral Sudirman dan Jl. Pangeran Mangkubumi. Selain tugu Yogyakarta, masih banyak lagi wisata-wisata favorit yang ada di Yogyakarta seperti Pantai Parangtritis dengan keindahan panoramanya, Candi Borobudur dan Candi Prambananan dengan kemegahannya, Gunung Merapi dengan keindahan pemandangannya, Istana Ratu Boko dengan keagungan bangunannya, Pasar Malioboro dengan kelengkapan tersediannya jajanan dan benda-benda khas Yogyakarta, dan masih banyak lagi wisata-wisata khas Yogyakarta yang setiap tahunnya tak pernah lekang untuk menarik perhatian para wisatawan dalam maupun luar negeri.

Selain tempat wisata yang beragam dan mempesona, kota Yogyakarta juga memiliki budaya-budaya kesenian khas yang sangat kental yaitu Ketoprak Jawa, Sendratari Ramayana, Seni Wayang Jawa, Tari Jathilan, Upacara Bekakak, Upacara Labuhan Pantai, Upacara Sekaten, Pertunjukan Gamelan, Ramayana Ballet, Pertunjukkan Wayang Kulit, dan lain-lain. Itulah kesenian-kesenian khas dari kota Yogyakarta ini yang masih sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kedaerahan dan budaya Jawa. Setelah mengenal berbagai tempat wisata dan adat budaya dari ibu kota Yogyakarta ini masih belum afdol jika kita belum mengenal berbagai macam kuliner khas dari kota Yogyakarta. Kota Yogyakarta memiliki beragam kuliner khas yang sangat menggugah selera. Dan juga memiliki salah satu makanan paling terkenal yaitu Gudeg, Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta yang memiliki keunikan tersendiri, penyajian Gudeg pun sangat unik yaitu dengan kuah santan kental, nangka muda yang telah diolah, ayam kampung, telur, tahu, sambal goreng krece, dan tambahan lauk lain. Rasanya pun tak dapat diragukan lagi. Selain Gudeg, masih banyak kuliner khas Yogyakarta seperti Oseng-oseng Mercon, Angkringan, Gule Kepala Ikan, Soto Ayam, Bakmi Jawa, Sate Klathak, Nasi Pecel, Sup Kembang Waru, juga masih banyak lagi berbagai kuliner khas kota idaman tersebut.

Kemudian kali ini kita akan mengarah ke bidang pendidikan di Yogyakarta. Yogyakarta juga merupakan kota pendidikan, kota Yogyakarta memiliki universitas ternama di Indonesia. Universitas tersebut bernama Universitas Gajah Mada (UGM), UGM merupakan universitas 3 besar terbaik dari sekian banyak universitas di Indonesia. Tidak sedikit para lulusan UGM yang sangat berkualitas di Indonesia, salah satu lulusan tersebut adalah Bapak Joko Widodo yang kini merupakan Gubernur DKI Jakarta. Universitas Gajah Mada pun setiap tahunnya tak pernah sepi dari mahasiswa baru dari seluruh Indonesia maupun dari luar Indonesia. Kota Yogyakarta memang merupakan kota yang sangat menarik, unik, indah, dan asri. Karena kota Yogyakarta memiliki berbagai macam ciri khas tersendiri yang mengundang ketertarikan, mulai dari tempat wisata, kebudayaan, kuliner, sampai tempat pendidikan yang sangat berkualitas. Tak heran jika banyak kalangan yang mendambakan hidup di kota Gudeg tersebut.

Oleh: Fitria Noviatur R

Share
Share