Pesona Kota Pelajar

Kota Jogja, kota yang masyarakatnya berbudaya ramah dengan lemah gemulainya penari-penarinya. Kota Jogja memang sangatlah istimewa. Kota ini menjadi istimewa bukan hanya karena pernah menjadi Ibu Kota Negara ini, namun kota ini juga penuh dengan pesona wisata, kuliner, kebudayaan, dan keseniannya. Kota jogja dikenal dengan julukan kota pelajar, karena banyaknya pelajar-pelajar dari berbagai wilayah yang menuntut ilmu kota ini. salah satu perguruan tinggi yang terkenal di kota ini adalah Univesitas Gajah Mada (UGM). Selain menyandang sebagai kota pelajar, Kota Jogja juga menyandang sebagai kota Gudeg. Gudeg adalah salah satu makanan khas kota jogja. Gudeg terbuat dari nangka muda yang dimaak bersama santan dengan rempah-rempah yang membuat penikmat wisata kuliner ketagihan untuk mencicipinya.

Sejumlah hal bisa kita rasakan di Kota Pelajar ini. Kita bisa memulainya dengan menikmati berbagai keindahan alamnya yang masih asri. Kekayaan seni yang masih kental tumbuh disetiap sudut kota, tradisi yang beragam hingga kuliner yang menjadi karakteristik dari Kota Jogja. Inilah yang menjadi salah satu faktor penyebab mengapa Kota Jogja menjadi salah satu tujuan wisata andalan di Indonesia setelah provinsi Bali. Kota ini menarik dan menghipnotis wisatawannya dengan keindahan alam yang masih alami serta didukungnya oleh masyarakat Jogja yang berbudaya ramah tamah. Wisatawan akan dimanjakan dengan gagahnya arsitek bangunan candi Borobudur, kemegahan candi Prambanan, kerajinan perak yang menggiurkan di Kotagede, deburan ombak dan hitam legam pesisir pantai selatan, menjulangnya puncak Suroloyo, sejarah kesultanan yang menyisakan banyak keraton Yogyakarta dan Tamansari serta kokohnya Tugu Jogja. Keunikan kota Jogja yang memiliki nama lain terbanyak yaitu Yogya, Jogja, Jogjakarta, Yogyakarta, Djogja, Ngayogyakarta, Ngayogyakarta Hadiningrat dan Yoja/ Yojo.

Selain dijuluki sebagai kota Gudeg dan kota Pelajar, Yogyakarta juga menyandang sebagai kota Budaya. Cagar budaya yang berwujud candi yang masih dipergunakan sebagai tempat ibadah umat Hindu. Selain candi, keraton juga menjadi salah satu warisan budaya yang masih terlestari kebudayaannya. Jogja memiliki banyak sekali kesenian.Baik kesenian budaya maupun seni kerajinan. Kesenian budaya seperti tarian. Tarian di kota budaya ini identik dengan lemah gemulai dan mengandung religius. Seperti mistisnya tarian Serimpi Sangopati, lembutnya tarian Bedaya, romantisnya tarian Ramasinta, dan masih banyak lagi tarian-tarian yang dapat membuat kita kagum. Jogja memilki banyak kuliner yang lezat untuk menggoyang lidah setiap penikmatnya. Seperti bakpia, wingko babat, yangko, gebleg, enting-enting, dan terutama gudeg.

Oleh : Haryanti

Share
Share