Tips Merawat Tanaman Hias

Tips Merawat Tanaman Hias

Homiers, memiliki tanaman hias yang cantik, anggun dan menarik saat dilihat adalah hal yang di harapkan dari tanaman hias sebagai penghias ruangan maupun pekarangan rumah kita. Oleh karena itu perlu adanya perawatan yang benar agar tanaman dapat tumbuh dengan baik dan terawat. Bagi Homiers yang memiliki pekarangan yang sempit dapat memanfaatkan media pot sebagai wadah tanaman hias. Tidak sulit kok untuk memiliki tanaman hias di rumah, asalkan kita selalu merawat setiap hari.

Perawatan tanaman hias harus dilakukan secara intensif dan berkala agar tanaman selalu terlihat sehat dan indah sepanjang waktu. Berikut adalah beberapa tips merawat tanaman hias yang perlu dilakukan, yaitu:

  1. Pemangkasan, agar tanaman terlihat rapi dan terbentuk sesuai dengan yang kita harapkan maka perlu adanya pemangkasan.
  2. Pemupukan, tanaman memerlukan berbagai unsur hara (nutrisi) agar dapat tumbuh dan berkembang. Pada dasarnya tanah memiliki unsur tersebut, namun jumlahnya dapat berbeda tergantung kondisi area tanah. Maka dari itu diperlukan pemupukan agar nutrisi pada tanaman dapat terpenuhi.
  3. Penyiraman, air merupakan unsur penting untuk proses metabolik pada tanaman. Air juga berfungsi sebagai penggembur tanah agar memudahkan akar dalam mengambil unsur hara dalam tanah. Penyiraman juga dilakukan pada bagian tanaman seperti batang dan daun untuk mengurangi tingkat penguapan karena terik matahari.
  4. Penggantian pot, apabila kondisi pot sudah mulai rusak maupun mulai sesak oleh akar tanaman maka perlu penggantian pot. Ini bertujuan agar tanaman terlihat rapi dan tidak menghambat pertumbuhan tanaman.

Homiers, namun ada satu catatan yaitu perawatan tanaman dapat berbeda tergantung jenis tanaman dan cuaca. Oleh karena itu perlu diketahui jenis karakter dari tanaman hias tersebut. Tanaman hias ada yang suka terkena sinar matahari langsung seperti mawar memerlukan sinar matahari penuh, namun ada juga yang tidak suka terlalu sering terkena cahaya matahari atau teduh, contoh tanaman hias yang suka teduh adalah anthurium.

Dari berbagai sumber.

Share
Share