Ngabuburit di Pasar Sore Ramadhan Kauman

Ngabuburit di Pasar Sore Ramadhan Kauman

Homiers, berburu menu buka puasa di Jogja, tentu banyak tempat dan menu pilihan khas ramadhan. Salah satu tempat yang cukup terkenal dengan pasar sore Ramadannya adalah di kampung Kauman Yogyakarta. Pasar sore ramadhan Kauman di Jogja sudah ada sejak tahun 1973. Pasar yang digelar setiap bulan Ramadhan itu, berada disebuah gang sempit di Kauman, Gondomanan. Berburu menu buka puasa di kampung Kauman ini, harus berjalan di gang yang lumayan sempit. Ribuan warga berjejal di setiap menjelang ngabuburit di gang tersebut.

Letak kampung Kauman yang berdekatan dengan Kraton Yogyakarta, tentu sangat mudah ditemukan. Kauman masuk di kelurahan Ngupasan, kecamatan Gondomanan, Yogyakarta. Banyak menu ngabuburit yang tersedia di pasar sore Ramadan ini. Mulai dari makanan tradisional, aneka minuman, aneka cemilan, dan aneka makanan lainnya. Daya tarik pasar sore Ramadhan Kauman lainnya adalah hadirnya kudapan khas di antara banyak jajanan dan takjil “mainstream”. Kudapan khas di Pasar Sore Ramadhan Kauman ini bernama Kicak.

Kicak hanya dijual di setiap bulan Ramadan. Makanan tradisional ini terbuat dari ketan kemudian dikukus diberi nangka untuk menambah rasa manis dan bau yang wangi, kemudian dicampur dengan parutan kelapa. Harganya cukup terjangkau, hanya Rp 2.000,- per bungkusnya. Keunikan lainnya dari Pasar Sore Ramadhan di Kampung Kauman ini adalah pemandangan pengunjung yang saling berdesakan satu dengan lain dan tidak ada keributan antar pengunjung. Para pedagangpun semua menggelar dagangannya. Sehingga bisa dipastikan disaat menjelang buka puasa di Pasar Sore Ramadhan tersebut penuh dengan pembeli.

Nah, Homiers bagi yang sedang liburan di Jogja bisa lho mengajak keluarga dan teman untuk ngabuburit di Pasar Sore Ramadhan di Kauman.

Share
Share