Salak Pondoh Oleh-oleh Khas Sleman

Salak Pondoh Oleh-oleh Khas Sleman

Homiers, saat berlibur di kota Jogja selain tempat wisata yang tidak ada habisnya di kota ini juga banyak oleh-oleh khasnya. Salah satu oleh-oleh yang banyak dicari adalah salak pondoh. Untuk mendapatkan salak pondoh sangat mudah sekali, saat kita berlibur di kawasan Gunung Merapi. Kita dengan mudah menemukannya di Kecamatan Tempel, Kecamatan Turi, kecamatan Pakem yang merupakan daerah pusat berasalnya Salak Pondoh.

Jenis dan harga salak sendiri bervariasi. Salak pondoh mempunyai beberapa varian, diantaranya yang terkenal adalah pondoh superpondoh hitam, pondoh gadingpondoh nglumut yang berukuran besar, dan lain-lain sesuai musim panennya. Sekitar bulan November – Januari biasanya harganya murah, karena sedang terjadi panen raya. Dan selain bulan itu biasanya harganya akan naik turun.

Kita juga bisa memilih dan memetik salak pondoh langsung dari pohonnya, dengan mendatangi ke petani salak. Para petani salak akan dengan ramah dan senang hati untuk melayani pembeli. Dan ini akan menjadi pengalaman tersendiri bagi kita. Jika kita tidak mau repot-repot atau tidak sempat memetik sendiri, kita bisa menemukan pedagang Salak Pondoh ini di Jalan Magelang, Kecamatan Tampel. Sejumlah pedagang berkumpul dalam deretan kios yang ada untuk menawarkan oleh oleh khas Jogja ini.

Nah Homiers, saat berlibur di Jogja jangan sampai lupa untuk membeli oleh-oleh salak pondoh ini karena rasanya yang manis yang membuat lidah kita ketagihan.

Share
Share