Yangko Jogja

Yangko Jogja

Homiers, pasti sudah pernah mencicipi Yangko oleh-oleh khas Jogja kan? Yangko adalah makan dari adonan tepung ketan yang kemudian dibalut tepung gula dengan aneka rasa. Yangko bentuknya menyerupai Kue Moci, yang membedakannya adalah bentuk yangko yang kotak.

Nama Yangko diyakini berasal dari kata Kiyangko. Dalam pelafalan lidah orang Jawa, kata kiyangko diucapkan dengan singkat menjadi Yangko. Meskipun tidak banyak seperti saat dahulu, penjual Yangko saat ini juga telah banyak ada di Yogyakarta. Salah satu yang terkenal adalah Yangko Pak Prapto.

Salah satu makanan Khas Kotagede ini pada rasa aslinya, Yangko berisi campuran kacang dan gula, namun kini dalam perkembangan jaman banyak rasa baru bermunculan untuk menyemarakkan cita rasa Yangko. Selain rasa asli, kini bisa pula ditemui Yangko dengan rasa buah-buahan lho Homiers, seperti strawberry, durian, melon, dll. Nah semakin banyak pilihankan untuk membelinya. Untuk mendapatkan Yangko kini sudah sangat mudah, karena banyak sekali toko oleh-oleh yang menyediakan Yangko dan oleh-oleh khas Jogja lainnya. Untuk harga, Homoiers bisa mendapatkan harga relative murah lho.

Bagi yang penasaran dengan kue Yangko, saat berlibur di Jogja jangan lupa ya untuk membeli kue yang satu ini.

Dari Berbagai Sumber.

Share