Management Pengelolaan Rumah

Management Pengelolaan Rumah

Selain sebagai tempat tinggal dalam darsawarsa ini rumah mulai di gunakan sebagai salah satu bentuk dari investasi. Ada beberapa alasan yang cukup mendasar bagi seseorang yang berinvestasi dibidang property, selain bisa memanfaatkan rumah tersebut sebagai tempat singgah, investasi di bidang property akan memperoleh Capital Gaint atau kenaikan harga property atas tanah dan bangunan pertahunnya. Hal ini lah yang menjadikan asalan dari beberapa orang melirik investasi di bidang property. Namun terkadang investasi property atau rumah yang telaknya di luar kota, menjadikan pemilik mengalami kesulitan untuk melakukan perawatan asset property atau rumah yang di investaskan di suatu kota. Dan sering terlihat beberapa rumah yang digunakan untuk investasi di suatu kota malah kurang terawat sehingga property atau rumah tersebut menjadi rusak dan ketika dijual nilainya hampir tidak berubah karena mengalami kerusakan.

Hal seperti inilah yang menyebabkan suatu investasi rumah menjadi kurang produktif, dan jika di hitung secara bisnis bisa dibilang tidak menguntungkan karena nilainya kurang berkembang akibat kerusakan ataupun kurang terawatnya rumah tersebut. Untuk mengatasi hal yang seperti ini anda harus jeli mencari alternative dan solusi agar rumah tersebut bisa di berdayakan untuk bisa menghasilkan passive income atau pemasukan kepada pemilik rumah. Diantaranya adalah dengan cara mengontrakkan tahun, dengan cara ini pemilik rumah bisa memperoleh pemasukan. Cara seperti ini seperti ini sudah banyak di lakukan oleh pemilik rumah untuk mendapatkan pemasukan melalui rumah yang di investasikan tersebut.

Namum solusi dengan mengontrakkan rumah secara tahunan juga memiliki kekurangan, diantaranya adalah kurang terawatnya rumah dan kadang kondisi rumah malah menjadi rusak. Kejadian seperti inilah yang sering dialamai untuk rumah yang di kontrakkan. Kebanyakan pengontrak kurang peduli dengan maintenance rumah, sehingga beberapa kerusakan kecil menjalar dan menjadi kerusakan yang cukup serius dalam sebuah rumah. Untuk mencari solusi lain agar investasi rumah anda bisa menghasilkan dan tetap terawat anda bisa menitipkan rumah Anda ke management pengelolaan rumah, yang dapat mengelola investasi rumah anda agar mejadi lebih produktif.

Dalam beberapa tahun belakangan ini management pengelolaan rumah sudah cukup banyak di temui di kota kota besar, dan menjadi tren untuk solusi investasi property / rumah. Sebagai contoh , Kota Jogja merupakan salah satu kota yang di jadikan pilihan untuk berinvestasi property karena selain merupakan kota pelajar yang relalif lebih kondunsif kenaikan harga property pertahunnya pun juga cukup tingggi, sehingga banyak di temui management pengelolaan rumah. Namun yang menarik dari salah satu management pengelolaan rumah yang berada di kota jogja, yaitu mengelola rumah tersebut menjadi guest house atau rumah sewaan harian yang di lengkapi beberapa fasilitas seperti AC & TV Cabel di setiap Kamar, instalasi air panas / water heater dan fasilitas lainnya layaknya hotel. Untuk tarif penginapan tersebut cukup beragam, ada yang mulai dari 700 ribu rupiah per rumah hingga 1,8 juta perharinya tergantung fasilitas yang ada di dalam guest house tersebut dan jumlah kamarnya.

Konsep guest house tersebut cukup berkembang cukup baik, diantaranya adalah Simply Homy Guest House ( www.simplyhomy.com ) yang telah sukses mengelola beberapa rumah di Kota Jogja dan Bandung menjadi sebuah penginapan / guest house berlabel Syari’ah. Ada beberapa keuntungan yang didapatkan oleh pemilik melalui property / rumah yang di kelolakan oleh management pengelolaan rumah, yaitu mendapatkan pemasukan / keuntungan yang lebih besar jika dibandingkan dengan di kontrakkan biasa. Sebagai contoh: Satu rumah dengan fasilitas 3 kamar tidur,2 kamar mandi dan 1 kamar pembantu bisa dikontrakkan biasa dengan nominal 30 juta pertahun, sedangkan jika di kelola oleh dengan konsep guest house tersebut dan di pasarkan dalam tarif sewa harian, tariff per hari 900 ribu rupiah dan dalam 1 bula tersebut tersewa sebanyak 9 hari saja, maka sudah ada omset sebesar 9 juta rupiah, dan di kali 12 bulan / 1 tahun maka sudah ada omset sebesar 108 juta rupiah, tentu angka itu lebih besar jika dibandingkan di kontrakkan tahunan. Dan yang pasti asset property / rumah anda akan jauh lebih terawat jika dibandingkan di kontrakkan tahunan, karena untuk kategori guest house, rumah tersebut di lakukan perawatan secara rutin. Selain itu pemilik juga bisa menggunakan rumah / guest house tersebut secara free beberapa hari di dalam pertahunnya, sehingga ketika pemilik berlibur ke Jogja atau Bandung bisa menginap di guest house tersebut tanpa harus mengeluarkan biaya atau tanpa harus sewa hotel. Bagi Anda yang suka berinvestasi property / rumah tentu ini adalah suatu alternative yang menarik dan menguntungkan.

Share
Share