Ternyata Inilah Hal-Hal Yang Menyebabkan Kegagalan Dalam Bisnis

Ternyata Inilah Hal-Hal Yang Menyebabkan Kegagalan Dalam Bisnis

Percaya atau Tidak Ternyata, Inilah Hal-Hal Yang Menyebabkan Kegagalan Dalam Bisnis. Jadi Mari Perhatikan Mulai Sekarang 

 

Bisnis merupakan kata yang familiar dikalangan wirausahawan. Bisnis itu sendiri adalah proses mengusahakan sesuatu (biasanya memproduksi hingga bertransaksi) yang nantinya menghasilkan keuntungan-keuntungan tertentu sesuai dengan apa yang diharapkan. Setiap orang seharusnya perlu mencicipi sebuah bisnis, namun sebagian memang tidak tertarik dengan dunia bisnis karena banyak alasan.

Bagi kita yang terjun di dunia bisnis, tentunya menginginkan kesuksesan dalam bisnis. Semua yang sukses tentunya melakukan usaha-usaha untuk menjauhi dari hal-hal yang menyebabkan kegagalan. Lalu, apa saja yang perlu diketahui tentang hal-hal yang menyebabkan kegagalan dalam bisnis?

  1. Awalan yang salah

    Berbicara tentang awalan, erat hubungannya dengan niat dan tujuan. Anda bisnis untuk apa sebenarnya? Ingin menyenangkan keluarga dengan kekayaan hasil bisniskah sehingga bisa bersenang-senang bersama keluarga? Atau hanya sekedar ingin coba-coba mengusahakan sesuatu, siapa tau berhasil. Dalam memulai awalan berbisnis tentunya harus memiliki niat. Setelah ada niat dilanjutkan tujuannya untuk apa. Disinilah fondasi bisnis yang kebanyakan orang menganggap remeh. Tentunya jika seseorang terjun ke dalam bisnis harus totalitas. Selain itu, bisnis yang dipilih harus passionnya (kesukaannya). Sehingga, jika nantinya diperlukan banyak pengorbanan waktu, tenaga, pikiran, dan bahkan biaya modal, maka akan tetap dijalani tanpa goyah. Jadi, awalan yang baik adalah fondasi dari niat yang teguh dan tujuan yang sudah terarah.
  1. Kurangnya perencanaan bisnis yang matang 

    Setelah melewati tahap awalan, ada yang namanya membuat planning (perencanaan), karena memang perencanaan bisa dilakukan jika sudah ada tujuannya akan kemana. Dalam perencanaan seharusnya sedetail mungkin, karena kelancaran bisnis tergantung dari seberapa matang perencanaannya. Rencana yang baik akan mengatur jalannya bisnis secara keseluruhan, sehingga apa yang akan dilakukan tidak bisa sembarangan dan harus mengikuti apa yang sudah direncanakan sehingga akhirnya bisa mencapai pada tujuan akhir yang diharapkan.

  1. Manajemen bisnis yang buruk 

    Tidak cukup dengan perencanaan, bisnis yang akan mulus berjalan juga ditentukan dari manajemen bisnisnya. Jika manajemen bisnis itu buruk maka dijamin pasti prosesnya tidak akan sesuai dengan apa yang direncanakan dan hasilnya jelas tidak akan bisa mencapai tujuan yang diharapkan. Manajemen bisnis yang buruk biasanya dikarenakan faktor ketidaktahuan dalam ilmu manajemen yang baik, kurang disiplin, dan suka mengabaikan hal-hal kecil dalam bisnis yang semestinya tetap ditanggapi.

  1. Kurangnya kemampuan finansial 

    Dalam bisnis kebanyakan memang butuh yang namanya modal hingga biaya operasional, walaupun ada juga bisnis yang bisa cuman “modal dengkul”. Apapun bisnisnya dapat diawali dengan atau tanpa modal, tetapi dalam pengembangan bisnis tetap butuh adanya modal. Kemampuan finansial seseorang yang kurang memadai juga menjadi momok dalam berbisnis. Biasanya yang serba kekurangan dalam kemampuan finansial akan sangat lambat dalam menjalankan bisnis.

Itulah beberapa hal bisa membuat terbukanya jalan gagal yang mestinya dihindari. Selamat berbisnis semuanya.

Share
Share