Perhatikan! Inilah Tips Menghindari Bisnis Gagal di Era Digital

Perhatikan! Inilah Tips Menghindari Bisnis Gagal di Era Digital

Bagaimana Cara Menghindari Bisnis  Gagal di Era Digital Agar Sukses Berjualan Online?

 

Pesatnya perkembangan IPTEK terutama pada teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan banyak hal menjadi berubah. Paradigma seseorang dalam menyampaikan informasi ataupun mengakses informasi juga telah berubah. Perubahan ini berdampak juga pada aspek bisnis.

Saat ini, hampir semua bidang bisnis melibatkan peran teknologi informasi dan komunikasi, ringkasnya dapat dikatakan bahwa para praktisi bisnis memulai untuk melakukan digitalisasi berbagai aspek dalam bisnisnya. Di era digital, contoh yang paling mudah dipahami dalam menerapkan bisnis dengan basis digital adalah memakai mode market online. Pemasaran secara online di jaman sekarang sudah bukan hal baru lagi, konten-konten yang sudah diubah secara digital lebih mudah diakses oleh banyak orang (pasar). Dari hal ini jelas akan memunculkan banyak usaha dan strategi baru yang bisa diterapkan di era digital.

Kali ini saya bukan akan membahas mengenai seperti apa bisnis di era digital akan dijalankan, melainkan bagaimana menghindari bisnis gagal di era digital. Pertama-tama, pastikan anda memiliki target pasar yang jelas di dunia maya (online). Di dalam era digital, suatu bisnis tidak lepas dari pemasaran online. Kenalkan hingga menjadi terkenal produk anda, dan jangan sampai produk anda tidak ada yang mengenal atau bahkan diabaikan. Cara sederhananya adalah dengan melakukan publish konten tentang produk anda sesering mungkin di media sosial, portal/forum online, website, dan lain sebagainya yang populer dengan sesering mungkin dalam jeda waktu tertentu. Melakukan hal ini berarti anda sudah menghindari dari kegagalan bisnis.

Selanjutnya, pastikan konten untuk produk anda dikemas dalam sajian digital yang menarik, baik dari segi copywriting tentang produk anda yang harus benar, maupun dari segi desain tampilan apabila berupa gambar atau video yang harus tepat sasaran. Tidak hanya itu, produk yang anda publikasikan harus mengisyaratkan solusi bagi yang menyaksikan. Hal ini berguna agar produk anda tidak sekedar diabaikan bagi pengguna online yang kebetulan melihat. Jika anda melakukan hal ini maka peluang besar anda terhindar dari kegagalan bisnis di era digital.

Terakhir, lakukanlah interaksi di media online dengan banyak pengguna tanpa mengusik pengguna lain atau dengan kata lain mengkamuflasekan apa yang akan kita tawarkan dengan pembahasan lain. Cara ini perlu sedikit kreatifitas dari pembisnis itu sendiri. Memang tidak mudah, namun dengan melakukan hal ini, pasar produk kita akan menjadi lebih prospek, berkualitas, dan tentunya mudah diterima banyak orang, sehingga sudah bisa dipastikan dapat menghindari dari kegagalan bisnis di era digital seperti saat ini. Sejatinya bisnis di era digital ini memang berporos pada seberapa bagus bisnis kita tampil di kancah dunia maya. Tetaplah istiqomah berusaha untuk menghindari kegagalan bisnis di era digital.

Salam sukses!

Share
Share