Inilah 5 Cara Agar Rumah Bisa Hemat Listrik

Inilah 5 Cara Agar Rumah Bisa Hemat Listrik

Energi listrik itu bagaikan darah dari suatu rumah. Tarif dari listirk yang tiap tahun makin naik menyebabkan perlunya kita melakukan penghematan. Selain itu, pemerintah juga turut mengkampanyekan untuk menghemat energi listrik di rumah. Energi listrik termasuk salah satu energi yang bisa saja menjadi langka akibat di Indonesia masih minim alternatif untuk pembangkit energi listrik.

Untuk memulai menghemat listrik di rumah, perlu diawali dari mengubah mindset kita terkait gaya hidup. Sadarilah dan tanamlah di dalam benak bahwasanya energi listrik itu terbatas atau kapan saja bisa habis. Setelah itu mari kita coba lakukan 5 cara berikut agar rumah anda bisa hemat energi listrik.

  1. Menggunakan panel surya
    Untuk pengadaan alat panel surya memang perlu biaya, namun setelah dipraktekkan akan membuat engeluaran menjadi lebih hemat untuk masa-masa mendatang. Dengan menggunakan panel surya, kita bisa mendapatkan alternatif listrik yang bisa digunakan selain dari suplai PLN. Tentu saja hal ini akan menghemat dari biaya yang harus kita keluarkan apabila hanya mengambil suplai dari PLN.
  1. Menggunakan cahaya alami
    Berbicara mengenai lampu yang banyak terdapat di setiap ruangan, cobalah untuk mengubahnya sedikit terkait kontruksi rumah anda. Apabila belum ada, buatlah celah atau jendela atau apapun untuk jalur masuk cahaya alami. Dengan demikian dari pagi hingga sore kita hanya akan memanfaatkan cahaya alami ini untuk penerangan rumah.
  1. Menggunakan skylight
    Hampir sama dengan konsep sebelumnya, pada prinsipnya skylight diciptakan di bagian atap rumah di salah satu ruangan seperti ruang tamu atau ruang makan. Biasanya genting terbuat dari bahan kaca yang lapisnya tebal dengan ukuran lebar tertentu menyesuaikan desain atap rumah. Dengan menggunakan cara ini, kita tentu juga dapat menghemat listrik.
  1. Menggunakan pintu dan jendela baru
    Model-model pintu lama biasanya belum memenuhi unsur kreatifitas masa kini dalam hal desain untuk jalannya cahaya. Cobalah untuk mengganti pintu dan jendela yang lama dengan model-model yang bisa membuat rumah anda terang di siang hari. Tentunya apabila anda sedang memiliki dana untuk mengganti. Cara ini bagi sebagian orang yang baru membangun rumah sudah banyak diterapkan.
  1. Meniadakan peralatan elektronik
    Gunakan alat elektronik seperlunya atau segera matikan apabila telah usai digunakan. Memang cara ini mirip dengan yang dikampanyekan pemerintah untuk hemat energi listrik. Kami sarankan pula menggunakan alat penghemat listrik yang dipasang di steker.

Nah itulah 5 cara agar bisa hemat listrik di rumah anda. Setelah anda mengetahu cara – cara tesebut, cara mana yang akan anda lakukan? Jangan lupa beritahu kami ya, Selamat mencoba dan semoga dapat membantu anda .

Share