Inilah Alasan Pentingnya Mendaftarkan Merk Dagang Pada Start Up Bisnis

Inilah Alasan Pentingnya Mendaftarkan Merk Dagang Pada Start Up Bisnis

Pentingnya Mendaftarkan Merk Dagang Pada Startup Bisnis

 

Belum lama ini mulai bermunculan dan berkembang usaha-usaha baru di Indonesia terutama pada industri kreatif membuat makin banyak merk dagang yang ada di Indonesia. Utamanya pada bisnis di level startup kerap melupakan hal sepele tetapi sebenarnya sangat penting untuk kedepannya, yaitu mendaftarkan merk dagang. Mendaftarkan merk dagang identik dengan mematenkan usaha sehingga bisa memiliki hak cipta terhadap merk dagang tersebut. Memang prosesnya tidak sesimpel yang dibayangkan, tetapi mau tidak mau hal ini untuk keamanan jangka panjang. Makin banyak startup yang ada di Indonesia bisa jadi akan makin banyak yang hampir mirip atau bahkan mirip untuk merknya, sehingga siapa yang pertama mematenkan dialah yang berhak atas merk tersebut seutuhnya. Anda tidak mau keduluan bukan?

Jika kita sudah mendaftarkan merk dagang kita, maka secara otomatis jika ada pihak lain yang mengklaimnya sudah tidak bisa, bahkan jika ada yang memaksa untuk menggunakannya tanpa izin, maka akan bisa dikenai hukuman dan denda pelanggaran hak cipta. Misalnya saja ada yang diam-diam menggunakan branding tertentu tanpa izin guna mendompleng usahanya, maka apabila terbongkar akan bisa dijerat ke ranah hukum.

Perlu digaris bawahi bahwa ketika sudah memiliki legalitas untuk usaha atau bisnis dengan mendirikan perusahaan berbadan hukum misalnya Perseroan Terbatas dan sudah memiliki Surat Keputusan pendirian PT dari Kementerian Hukum dan HAM, tetap perlu mendaftarkan merek dagang. Hal itu dikarenakan produk barang atau jasa yang kita jual itu berbeda. Jadi ringkasnya, semuanya sangat penting untuk didaftarkan atau dilegalkan supaya benar-benar kita memiliki bukti yang sah bahwa aset-aset tersebut memang milik kita.

Gambarannya seperti ini, misal perusahaan kita punya nama produk rumah makan “Sambal Enak” dan nama perusahaan kita adalah PT Raja Huhah Indonesia. Nah, yang perlu kita daftarkan mereknya adalah “Sambal Enak” yang didaftarkan sebagai milik dari PT Raja Huhah Indonesia. Jika suatu hari ada pihak yang bukan merupakan bagian dari PT Raja Huhah Indonesia tiba-tiba membuka suatu rumah makan atau tempat lain sejenis dengan nama “Sambal Enak”, maka perusahaan berhak memberikan peringatan kepada pihak tersebut untuk tidak menggunakan nama itu.

Terakhir untuk lebih memperjelas lagi, kita simak bunyi Pasal 3 Undang-Undang Merek No.15 tahun 2001 yang disebutkan bahwa “hak atas Merek adalah hak eksklusif yang diberikan oleh Negara kepada pemilik Merek yang terdaftar dalam Daftar Umum Merek untuk jangka waktu tertentu dengan menggunakan sendiri Merek tersebut atau memberikan izin kepada pihak lain untuk menggunakannya.” Sekali lagi segeralah daftarkan milik anda, dan bermainlah aman, siapa tahu kedepan bisnis startup anda akan berkembang besar.

Share
Share