Untuk Anda Berumur 20 tahun keatas, Inilah 4 Tips Menjalankan Bisnis Di Usia Muda

Untuk Anda Berumur 20 tahun keatas, Inilah 4 Tips Menjalankan Bisnis Di Usia Muda

Mulailah Bisnis Di Usia Muda agar Impian Anda Lebih Cepat Tercapai

Usia muda adalah usia yang paling bagus untuk berusaha. Banyak pakar motivasi yang sering berkata pada orang-orang yang masih muda dengan kalimat “Habiskan Jatah Gagalmu di Usia Mudamu!” Kalimat tersebut mengandung sebuah pesan tersirat bahwa di usia muda adalah masa-masa membangun usaha tanpa perlu merisaukan akan terjatuh. Jika jatuh, maka masih ada waktu untuk bangkit dan mencobanya lagi dengan cara lain. Usia muda adalah usia untuk mendapatkan banyak pengalaman dan pelajaran berharga dari berbagai usaha yang dilakukan.

Untuk menjadi pembisnis di usia yang masih muda, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengatur mindset kita. Menjadi seorang pembisnis artinya merupakan berani menjadi bagian dari para pencari kesuksesan finansial. Jika anda menjumpai pertanyaan, “Bagaimana cara menjadi seorang pembisnis sukses tanpa modal?” Jawabanya sederhana, “Tidak bisa”. Kembali kepada mindset, hal yang perlu dipahami adalah jika kita ingin cepat sukses, modal-modalnya haruslah ada. Dan jika berbicara modal, itu tidak berarti hanya dana atau uang, tetapi bisa apa saja yang bisa diperjuangkan untuk menjalankan bisnis. Bahkan ada yang berkata, “kamu bisa bermodal dengkulmu dalam bisnis!” Bukan isapan jempol semata, modal memang diperlukan dalam bisnis. Nah, di usia muda ini banyak cara kreatif untuk mendapatkan berbagai modal yang diperlukan untuk menjalankan bisnis kita.

  1. Manfaatkan daya ungkit modal apa saja yang dimiliki.

Sejatinya, semua orang pasti punya modal, entah itu tanah, motor, alat elektronik, alat kerajinan, pakaian dan lain-lainnya lagi, semua itu adalah modal yang bisa dimanfaatkan, bahkan seperti yang sudah dikatakan seblumnya, dengkulmu juga modalmu. Hanya saja nilainya yang mungkin bervariasi. Jadikan modal-modal itu bukan hanya modal dana tetapi juga modal untuk motivasi diri supaya anda punya target mengambil kembali dari apa yang sudah dikeluarkan untuk modal, sehingga kinerja semangat muda kita dapat tumbuh. Jika memang semua modal-modal itu memang tidak ada, janganlah cepat mengambil jalan pintas dengan berhutang, namun gadaikan keringatmu untuk mendapatkan modal dengan bekerja.

  1. Selalu belajar mendapatkan uang secara efektif.

Belajar mendapat uang secara efektif tentu saja sangat sulit bagi yang tidak mengetahui triknya. Beberapa trik sederhana yang bisa dicoba di usia muda adalah dengan belajar sambil bekerja sama dengan pihak-pihak yang berpengalaman yang bisa anda manfaatkan. Sekalipun anda harus bekerja keras dengan orang yang potensial tersebut, tetap lakukanlah secara tabah dan penuh perjuangan. Selain itu, dukunglah dengan keahlian manajemen diri yang baik, terutama bagaimana meminimalis biaya kebutuhan hidup sendiri. Trik penutup, jangan ragu ambil resiko ketika masih muda. Jika ada peluang yang bisa dikerjakan, maka segera ambil dan kerjakan sebelum orang lain melihat peluang tersebut. Uang-uang yang kita butuhkan akan terkumpul secara efektif ketika kita melakukan trik-trik tersebut.

  1. Asah kemampuan berbicara dan negosiasi.

Dalam bisnis apapun, skill berbicara dan bernegosiasi sangatlah berguna, terutama ketika dalam proses transaksi. Anda bisa berlatih hal-hal tersebut dalam pertemuan-pertemuan bisnis maupun non bisnis yang diadakan dalam bentuk acara baik yang secara gratisan maupun yang perlu biaya. Selain akan mendapat dan memperluas relasi, juga secara langsung kita akan belajar berbicara dan bernegosi dengan banyak orang. Berbicara dan bernegosiasi memang perlu dilakukan pembiasaan dengan berlatih mempraktekkan langsung.

  1. Tingkatkan selalu kualitas diri baik sikap maupun kemampuan.

Saat ini, kemampuan diri (skill) memang dianggap penting untuk sebuah pekerjaan, termasuk dalam bisnis, namun ada yang lebih penting yaitu kualitas sikap kita. Sikap yang baik dan terpancar dari diri kita akan timbul respect yang baik dari orang-orang yang potensial. Orang-orang tersebut bisa jadi adalah market bisnis kita. Kualitas diri yang baik dibalut dengan kemampuan yang mumpuni akan membuat kita semakin terlihat profesional dan tentu saja mudah mendapat kepercayaan orang-orang.

Share