Kenali Franchise, Franchisor, Franchisee Sebelum terjun ke Bisnis Franchise

Kenali Franchise, Franchisor, Franchisee Sebelum terjun ke Bisnis Franchise

Sebelum Terjun ke Bisnis Franchise, Ketahui Dahulu Apa Itu Franchise, Franchisor, Franchisee

Bisnis Franchise – Dunia bisnis menyimpan banyak hal tersembunyi yang layak dipelajari bagi anda sekalian yang memiliki passion disini. Kita tidak bisa langsung mempelajari semuanya sekaligus, melainkan sedikit demi sedikit dimulai dari dasarnya. Begitu juga ketika anda memasuki dunia bisnis waralaba. Anda perlu mengetahui apa itu istilah franchise, istilah franchisor, dan istilah franchisee. Gunanya untuk apa? Pengetahuan adalah senjata yang nantinya anda gunakan untuk bertindak agar lebih bijaksana, itulah intinya. Mari kita pelajari mulai dari yang paling ringan terlebih dahulu.

franchise guest house

Waralaba itu bahasa lainnya adalah Franchise, istilah yang sudah sering kita kenal. Franchise sendiri merupakan suatu bentuk duplikasi bisnis yang telah sukses dan mempunyai brand yang sudah dikenal luas. Melihat dari pengertian tersebut, tentunya sebuah franchise terkait dengan para investor. Calon pebisnis yang ingin membeli franchise tidak harus menjalankan bisnis yang dimulai dari nol, sehingga bisa dikatakan pebisnis tersebut merupakan investor. Investor untuk franchise tidak perlu dipusingkan dengan nama produk, jenis produk, produksi, operasional, dan pemasaran. Mereka hanya tinggal menjalankan sistem dagang yang telah berjalan dengan baik dan telah teruji keberhasilannya.

Franchisor atau Pewaralaba yaitu pihak yang menjual atau meminjamkan hak atau merk dagangnya beserta sistem bisnisnya untuk dijalankan para investor franchise, misalnya Simply Homy. Pihak Simply Homy menjual merek dagang Guest Housenya beserta sistem syariahnya yang sudah teruji keberhasilannya kepada para investornya, sehingga para investor tersebut tinggal menunggu hasilnya. Dalam hal ini, investor di Simply Homy mendapatkan passive income.

Franchisee atau Terwaralaba yaitu pihak yang membayar royalti dan biaya lainnnya yang dipersyaratkan oleh franchisor untuk dapat menggunakan merk dagangnya serta sistem bisnis yang dirancang oleh franchisor yang bersangkutan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, franchisee inilah yang dianggap investor. Dalam menjalankan usaha yang sudah matang tersebut, tentunya seorang investor perlu mengeluarkan sejumlah dana untuk kebutuhan operasionalnya dan sebagai izin bisa menggunakan merk dagangnya, biasanya terikat oleh kontrak. Jika anda merasa perlu mencoba bagaimana mudahnya menjadi franchisee, anda bisa langsung menghubungi salah satu franchisor yang profesional. Contohnya seperti yang disebutkan sebelumnya juga, yaitu Simply Homy. Semoga yang sedikit ini dapat memahamkan kita semua terkait franchise, franchisor, dan franchisee.

Featured Post

Share
Share