Inilah Beberapa Cara Mendapatkan Dukungan Modal Untuk Berbisnis

Inilah Beberapa Cara Mendapatkan Dukungan Modal Untuk Berbisnis

Berbisnis merupakan salah satu kegiatan atau jalan usaha manusia dalam mencari rezeki yang disediakan oleh Sang Pencipta. Sama seperti usaha lain kebanyakan, bisnis juga terdapat tantangan-tantangan tersendiri bagi pengusaha. Awalan ketika berbisnis saja sudah ada tantangan, misalnya modal. Segala bisnis pasti butuh modal baik secara materiil maupun non materiil. Bagaimana ketika awalan saja kita sudah terhambat dengan modal materiil? Berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan dukungan modal.

  1. Tawarkan relasi anda yang terbilang mampu secara finansial menjadi partner bisnis anda.

    Untuk mendapatkan dukungan dana dari relasi tanpa perlu menjadikan itu sebuah hutang maupun investor. Libatkan relasi anda yang mampu secara finansial menjadi bagian dari pendiri bisnis atau founder sehingga anda bersama partner anda bisa menjalankan bisnis menggunakan dukungan dana dari partner anda tersebut. Untuk lebih amannya, tetap lengkapi perjalanan bisnis dengan surat perjanjian seperti surat pemegang saham. Bisnis yang dikerjakan dengan solid antar partner bisnis akan lebih cepat berkembang daripada bisnis yang dijalankan sendiri.

  1. Ikutilah berbagai komunitas atau acara training kewirausahaan.

    Banyak perusahaan besar atau bahkan yayasan bisnis sosial tertentu yang menyelenggarakan pelatihan bisnis, promosi pengembangan bisnis, hingga gathering pengusaha-pengusaha. Di tempat tersebut, sangat besar kemungkinan terdapat banyak pihak yang bisa memberikan dukungan dana secara cuma-cuma ataupun berniat menjadi investor bisnis anda. Perluaslah jaringan anda dengan para pebisnis dengan komunikasi yang baik dalam forum-forum tersebut. Selain berkesempatan mendapatkan dukungan dana untuk bisnis, mengikuti acara-acara seperti itu juga bisa mengembangkan wawasan terkait dunia bisnis. Jadi jangan ragu-ragu untuk mengikuti banyak pelatihan yang diselenggarakan berbagai pihak.

  1. Menjual barang-barang berharga.

    Inilah pilihan terakhir ketika anda butuh modal yang cepat dan banyak selain berhutang maupun menggadaikan. Dalam islam sendiri juga tidak dianjurkan berhutang kepada orang lain maupun melakukan pinjaman di bank yang memiliki bunga. Jika masih bisa memanfaatkan barang-barang berharga untuk dijual sehingga mendapatkan dana, kenapa harus berhutang?

    Barang-barang yang bisa dijual dengan harga tinggi biasanya adalah emas, kendaraan bermotor, dan barang antik. Jika tidak memiliki barang-barang tersebut, cobalah menjual barang elektronik ataupun yang lainnya tetapi dijual ke kerabat sendiri atau teman dekat sehingga harganya masih bisa lebih tinggi.

Itulah beberapa cara mendapatkan dukungan modal untuk bisnis. Jika anda ternyata menemukan cara lain yang lebih baik dan lebih berkah, bisa berbagi dengan kita semua di kolom komentar. Salam sukses!

Recommended for you

Share