Kunci Sukses Bisnis Franchise Dalam Franchisor Leadership

Kunci Sukses Bisnis Franchise Dalam Franchisor Leadership

Kunci Sukses Bisnis Franchise – Dewasa ini sudah banyak bisnis waralaba-waralaba lokal sekelas UKM menunjukkan taringnya di jaringan bisnis yang luas dan besar. Bisnis waralaba yang sebagian besar dirintis dari kecil tersebut, ternyata memiliki rahasia perjalanan yang umun dilakukan para pebisnis sehingga bisa berkembang besar, yaitu Franchisor Leadership atau Kepemimpinan dalam berbisnis Waralaba. Modal yang besar, konsep yang matang, dan ide bisnis yang brilian saja tidaklah cukup untuk menciptakan sebuah industri franchise yang dapat diterima kalangan luas dan mampu bersaing di ranah global, tetapi perlu ditambah sebuah kepemimpinan yang hebat dalam mengelola jaringan franchisenya.

Tidak ada sekolah khusus untuk berlatih menjadi Franchisor Leadership melainkan hanya bisa dipelajari dari orang-orang yang telah sukses sebelumnya dan juga pengalaman sendiri ketika berproses dalam menjalankan bisnis. Jiwa Franchisor Leadership tidaklah bisa instan untuk dikatakan baik, tetapi harus terus ditempa seiring berjalannya waktu dan seiring bisnisnya berjalan juga. Walaupun begitu, ada kesamaan karakter dan kisah-kisah sukses para Franchisor Leadership yang bisa kita ambil dan dipelajari sejak dini untuk sekedar menjadikannya kunci sukses bisnis franchise dalam Franchisor Leadership.

  1. Memiliki Visi dan Misi yang sudah jelas dan matang sebelum menjalankan bisnis.
    Pemimpin bisnis yang baik sudah tentu memiliki tujuan akan kemana bisnisnya dibawa. Merumuskan visi dan misi ternyata tidak semudah yang dikira, perlu mempertimbangkan banyak hal terkait peluang dan kapasitas. Visi dan misi yang baik tentunya diikuti sebuah planning yang logis, sehingga visi dan misinya harus detail dan jelas terlebih dahulu agar planningnya bisa terarah.
  1. Memiliki pendirian yang kuat.
    Pendirian yang kuat juga perlu dimiliki seorang pemimpin karena ini menjadi dasar yang fundamental sebagai pemimpin. Jangan sampai mudah terombang ambing keadaan dan memutuskan sesuatu secara berubah-ubah. Pendirian disini berbeda dengan sifat keras kepala. Pendirian itu lebih pada bagaimana mempertahankan visi dan misi yang menjadi dasar tujuannya. Pendirian yang bagus akan menimbulkan trust yang bagus pula dari apa yang dipimpin.
  1. Memiliki basis dalam memanajemen sebuah organisasi.
    Basis dalam manajemen organisasi ini tidak lain adalah dari pengalaman dalam mengikuti organisasi bagi seseorang. Memanajemen sebuah organisasi adalah seni, sehingga tidak ada ilmu pasti yang bisa menjamin bagus tidaknya manajemen seseorang. Jika seseorang memiliki pengalaman organisasi yang banyak, tentunya dalam menjadi Franchisor Leadership terkesan selangkah lebih dekat.
  1. Selalu memiliki strategi yang fresh untuk kondisi yang baru, artinya pandai dalam membaca situasi dan perubahan.
    Tidak ada bisnis yang stabil seiring perubahan jaman. Bisnis yang mampu bertahan lama adalah bisnis yang selalu bisa menyesuaikan dengan kondisi yang ada pada saat itu. Begitu pula pemimpin bisnisnya, dalam menjadi Franchisor Leadership harus memiliki kepekaan dalam merasakan situasi dan kondisi yang terjadi, sehingga bisa cepat dalam mengantisipasi berbagai potensi atau peluang yang muncul dalam bisnisnya. Ketika seorang Franchisor Leadership cepat membaca keadaan, maka dalam menyiapkan strategi untuk mengantisipasinya dapat dilakukan dengan maksimal.

Recommended for you

Share
Share