Inilah 5 Langkah Penting Sebelum Membeli Bisnis Franchise

Inilah 5 Langkah Penting Sebelum Membeli Bisnis Franchise

Membeli bisnis franchise – Dari tahun ke tahun, makin tingginya animo masyarakat terkait bisnis franchise adalah sebuah peluang emas yang terus bisa dimanfaatkan. Bisnis franchise atau waralaba pada dasarnya termasuk salah satu bisnis yang mudah dijaankan, apalagi bagi para pemula. Hal ini karena memang  pembeli bisnis franchise hanya tinggal melakukan duplikasi atas sistem yang sudah teruji dan terbukti berhasil dari pemilik bisnis tersebut, apalagi tinggal memakai merk dagang yang sudah terkenal, tentunya sangat mudah dijalankan.

Terlepas dari kemudahan itu semua, ternyata ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan dan dipersiapkan sebelum memutuskan membeli suatu bisnis franchise dari franchisor, karena sebagus apapun sistem bisnis pasti juga ada resikonya juga. Untuk itu, bagi yang ingin membeli bisnis franchise perlu memperhatikan langkah-langkah strategis agar dapat meminimalisir potensi kerugian yang ada, berikut ulasannya.

  1. Lakukan penelitian terlebih dahulu terkait potensi pasar jangka panjang dari franchise yang akan dibeli.
    Hal pertama yang biasanya dilakukan manusia adalah memilih, termasuk dalam memilih bisnis franchise yang seperti apa. Setelah ditentukan pilihannya, jangan langsung di putuskan bahwa itu yang akan dijalankan, tetapi selidiki dulu apakah prospek ke depannya bisa baik atau tidak. Merk dagang yang sudah ternama dan memiliki pasar yang bagus, tidak semua bisa bertahan di periode-periode waktu mendatang, bisa jadi itu hanya merk yang booming pada sekian jangka waktu saja karena faktor kondisional. Untuk itu, cermat menganalisa bisnis franchise yang dipilih sangatlah perlu, terutama terkait pasarnya di masa mendatang.
  1. Mencari suber pembiayaan, baik untuk modal awal maupun operasionalnya nanti.
    Langkah kedua ini tidak berlaku apabila sudah memiliki persiapan modal yang memadai untuk digunakan berbisnis sebelumnya. Langkah ini ada jika kondisinya tidak ada modal, sehingga butuh mempersiapkan lagi dalam pencarian modal. Mencari dana segar tidaklah selalu dengan cara berhutang di bank, tetapi bisa dari orang-orang terdekat seperti orang tua dan kerabat. Bisa juga melakukan pekerjaan freelance dari waralaba yang bersangkutan guna mengumpulkan dana terlebih dahulu. Usahakan detail pembiayaan sudah di rinci terlebih dahulu agar dalam pencarian modal bisa efektif dan tidak terlalu lama. Misalnya kita hanya butuh dana satu juta untuk, maka dengan bekerja 3 hari kita sudah bisa mengumpulkan uang satu juta tersebut, sehingga tidak perlu sampai satu minggu bekerja.
  1. Persiapan lokasi dan tempat usaha.
    Lokasi dan tempat usaha juga menjadi faktor penting dalam menentukan bisnis franchise yang seperti apa. Bisa jadi bisnis franchise yang dipilih kurang sesuai dengan potensi wilayah usaha anda, sehingga yag tadinya merk dagang terkenalpun menjadi tidak laku di daerah anda. Untuk itu pastikan lokasi dan tempat usahanya juga sesuai dengan bisnis franchisenya.
  1. Pahami bisnis franchisenya secara menyeluruh.
    Singkat saja, memahami bisnis yang dijalankan secara menyeluruh adalah penting dan tidak bisa ditawar lagi. Dengan mempelajari secara menyeluruh dari sistem bisnisnya, maka dalam menjalankannya juga akan lebih berhati-hati, sehingga meminimalisir resiko yang mungkin ada. Asumsinya sebagus apapun bisnis franchise, selalu ada celah untuk jatuhnya juga, walaupun dalam bisnis franchise biasanya kecil untuk resikonya.
  1. Ikuti pelatihan bisnis yang terkait terlebih dahulu apabila memungkinkan.
    Terkadang ada juga franchisor yang bagus dan memang berkualitas dalam menjalankan bisnisnya, yaitu dengan melakukan training kepada para mitra bisnisnya, agar kesemua mitranya dapat siap menjalankan bisnisnya menuju kesuksesan bersama. Nah, franchisor yang menyediakan pelatihan seperti inilah yang biasanya sangat dipercaya masyarakat. Semoga kita semua dapat mempersiapkan dan memilih bisnis franchise secara bijak dan benar.

Recommended for you

Share
Share