Trik Ampuh Cara Menghindarkan Usaha Dari Kerugian

Trik Ampuh Cara Menghindarkan Usaha Dari Kerugian

Tiada usaha yang tidak membawa sebuah resiko. Apapun usaha yang digeluti pasti suatu ketika aka ada pasang surut yang terjadi. Hal tersebut merupakan hal yang wajar dan nyaris dialami seluruh pebisnis pemula hingga yang sudah profesional. Akan tetapi, sebagai langkah antisipasi, alangkah baiknya resiko negatif yang ada bisa ditekan atau diminimalisir dengan berbagai upaya, sehingga usaha yang dilakukan dapat bertahan. Berikut trik ampuh menghindarkan usaha dari kerugian.

  1. Menggunakan sistem manajemen bisnis yang tepat.
    Manajemen bisnis diibaratkan sebuah kendaraan inti dari perusahaan. Apabila kendaraan ini tidak cocok, maka hasilnyapun akan tidak maksimal, termasuk akan banyak resiko yang tidak bisa dibendung. Misalnya anda ingin pergi ke suatu tempat yang jauh bersama keluarga besar anda. Jika anda memutuskan menggunakan kendaraan berupa motor makan anda akan perlu 2-3 motor. Banyaknya kendaraan akan beresiko ketika di jalan, belum lagi terkait cuaca yang bisa terjadi perubahan seketika. Harusnya anda menggunakan mobil atau mini bus untuk lebih efisien dan mudah mengantisipasi resiko yang ada ketika dijalan. Begitu pula dalam bisnis, menggunakan sistem manajemen bisnis yang tepat berarti telah menghindarkan usaha dari kerugian.
  1. Pembukuan laporan bisnis yang jelas dan detail.
    Minimal setiap bulan melakukan evaluasi dan kemudian membukukan hasilnya dalam bentuk laporan bisnis adalah hal yang sangat penting. Salah satu bagian yang tidak kalah penting terkait jalur edar finansial perusahaan. Penting kiranya untuk merinci keuangan secara jelas, misalnya terkait dana modal, dana operasional, keuntungan, dan dana lain-lain. Hal ini sangat penting untuk mengontrol supaya bisnis tidak mengalami kerugian, karena aspek finansial ibarat nyawa perusahaan.
  1. Selalu menyiapkan dana darurat
    Kita perlu menyadari bahwa dunia bisnis itu terkadang penuh dengan ketidakpastian, baik dari segi ekonomi, sosial, dan interen perusahaan sendiri. Menyiapkan dana darurat akan menyelamatkan perusahaan ketika suatu saat terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan. Cara untuk mendapatkan dana darurat adalah mengalokasikan sebagian keuntungan untuk dana darurat (cadangan) tersebut. Bahkan dana darurat tidak selalu dari menyisihkan keuntungan, tetapi bisa juga dari investasi aset yang dimiliki dan digerakkan. Semoga beberapa trik ini membawa manfaat bagi kita semua.

Recommended for you

Share
Share