3 Tips Cerdas Sebelum Memulai Bisnis Franchise dan Rasakan Hasilnya

3 Tips Cerdas Sebelum Memulai Bisnis Franchise dan Rasakan Hasilnya

Memulai Bisnis Franchise atau bisnis waralaba merupakan salah satu jenis bisnis yang makin berkembang pesat di Indonesia. Bidang bisnis waralaba yang berkembangpun juga luas, diantaranya meliputi bidang property, restoran makan, laundry, pulsa, mini market, tempat kursus, dan lain sebagainya. Bagi para franchisor bisnis ini tergolong cepat menghasilkan karena jumlah investor makin tahun makin bertabah jumlahnya. Fenomena ini terjadi karena memang kebutuhan hidup dan juga life style seseorang kian berkembang. Seseorang yang ingin hidup lebih ideal tidak mungkin hanya mengandalkan gaji bulanan, tetapi perlu tambahan penghasilan, sehingga salah satu alternatif yang banyak dipilih adalah menjadi investor di bisnis waralaba.

Mengulas tentang bisnis franchise atau bisnis waralaba, yaitu sebuah bisnis yang sudah teruji dan siap dijalankan sistemnya tanpa perlu memulai usaha dari nol, sehingga para investor hanya tinggal menyediakan modal untuk membeli paket waralaba yang ditawarkan franchisor. Saat ini, sistem yang ditawarkan berbagai franchisorpun sudah mengalami perkembangan, sehingga para investor perlu lebih bijaksana dan teliti untuk menginvestasikan modalnya. Berikut tips cerdas sebelum memulai bisnis franchise .

  1. Sesuaikan minat, passion, dan kapasitas anda.
    Sama halnya seperti kebanyakan jenis bisnis lain, bahwa memulai bisnis lebih enak apabila diawali dari sesuatu hal yang dicintai. Misalnya anda menyukai segala hal tentang property, maka mulailah mencari waralaba di bidang property. Tidak berhenti pada minat dan passion, tetapi pertimbangkan juga kapasitas anda sebagai investor. Kapasitas disini terkait dengan modal yang sanggup dikeluarkan untuk membeli merk dagang franchisor. Ketika anda suka di bisnis property, maka carilah bisnis waralaba property yang anda sanggup menjangkaunya. Misalnya jika sekelas hotel berbintang tidak sanggup, maka guest house bisa menjadi alternatif lain yang bisa anda jangkau terkait modal yang harus dikeluarkan.
  1. Selalu negosiasi dengan franchisor untuk menekan modal
    Seperti yang dikatakan sebelumnya, saat ini sudah berkembang banyak sistem yang ditawarkan franchisor. Pada dasarnya franchisor tetap ingin untung yang maksimal, sehingga banyak franchisor membuat seolah sistem penawarannya sudah ketat. Tetapi, franchisor tetaplah butuh mitra, sehingga seketat apapun sistem penawaran yang diajukan franchisor kepada mitranya, sebagai investor tetap masih bisa melakukan negosiasi untuk menekan modal yang perlu dikeluarkan. Lakukan negosiasi semaksimal mungkin sebelum berkata setuju.
  1. Pelajari secara menyeluruh dan seksama sistem waralaba yang ditawarkan franchisor.
    Tips yang ini terkait ketelitian dalam berbisnis. Bisnis apapun pada dasarnya tidak boleh sembarangan atau tanpa perhitungan. Bisnis yang bisa kita kuasai segala aspeknya akan lebih baik hasilnya. Untuk itu ketika anda memulai bisnis waralaba, pelajari secara menyeluruh dan penuh seksama setiap detail bisnis yang ditawarkan franchisor. Galilah secara mendalam dimulai dari bagaimana keuntungan dan proses operasioanlnya hingga kerugian dan resiko yang mungkin ada. Dengan menjalankan kesemuanya ini insyaAllah memulai bisnis waralaba akan lebih mudah dan lebih siap.

Recommended for you

Share
Share