Motivasi Bisnis Untuk Pebisnis Pemula untuk Meraih  Kesuksesan Dalam Berbisnis

Motivasi Bisnis Untuk Pebisnis Pemula untuk Meraih Kesuksesan Dalam Berbisnis

Bisnis merupakan sebuah usaha dagang yang melibatkan hubungan dengan orang lain untuk mencapai suatu keuntungan tertentu. Bisnis disini adalah bagian dari pekerjaan yang mungkin diambil seseorang untuk menghasilkan keuntungan berupa uang maupun aset tertentu sebagai acuan kekayaan yang dimiliki. Banyak orang yang terjun ke dunia bisnis sebagai pengusaha atau wirausahawan sebagai alternatif selain menjadi pegawai maupun pejabat pemerintahan. Orang yang bergerak di dunia bisnis akan berpotensi lebih kaya daripada seorang pekerja maupun pejabat, tinggal bagaimana cara ia berbisnis.

Bagi orang yang baru saja terjun ke dunia bisnis, pasti akan melalui fase pemula. Seorang pemula di dunia yang terasa baru pasti akan berusaha mencari pegangan di awal-awal bisnis berupa informasi bisnis, pengetahuan bisnis, relasi bisnis, hingga motivasi bisnis. Hal ini wajar dilakukan, karena seorang pemula tidak memandang umur, bisa saja pebisnis pemula berawal dari setelah lulus sekolah atau kuliah, tetapi juga bisa pebisnis pemula berawal dari seorang pekerja atau pejabat yang meninggalkan pekerjaan lamanya. Tidak ada kata terlambat untuk memulai berbisnis asal ada kemauan dan usaha ketika terjun ke dunia bisnis.

Bagi seorang pemula, pertama-tama adalah menanamkan diri bahwa berbisnis itu mudah, tidak perlu menjadi beban berat akan sesuatu yang tidak pasti karena sejatinya hasil daripada bisnis memang tidak pasti. Seorang pemula tidak harus bekerja siang malam untuk sekedar memulai bisnis, tapi cukuplah dengan sebuah persiapan dan rencana yang matang untuk apa yang akan dilakukan setiap harinya selama jangka waktu tertentu. Maka dari itu, kumpulkan niat, bangun mental yang bagus sebagai pebisnis, dan mulailah menyusun rencana dan strategi bisnisnya.

Atasi rasa takut mencoba yang mungkin ada dengan mencoba memunculkan rasa acuh terhadap hasil. Abaikan semua itu dulu, fokuslah pada mencoba, mencoba, dan berdoa. Sekalipun hasil tidak sesuai dengan yang diharapkan, tetapi kita akan mendapat pengalaman berharga yang tidak bisa kita pelajari dari buku maupun orang lain. Sekedar mengingatkan saja, bahwa proses tidak pernah mengkhianati hasil. Ketika ada anggapan gagal, itulah proses, dan ketika berhasil, maka itulah sebenar-benarnya hasil.

Jadilah orang yang fleksibel dalam melihat kondisi di lapangan. Hal ini bisa membantu dalam mensiasati dan mengimprovisasi langkan kedepannya. Walaupun sudah ada rencana yang dibuat, bukan berarti harus fanatik terhadapnya. Rencana itu hanya sebagai kendaraan acuan di awal, ketika di tengah jalan mogok, mau tidak mau kita menggunakan kendaraan lain yang ada di jalan tersebut yang bisa digunakan segera. Menghadapi sesuatu yang tidak pasti seperti bisnis memang butuh perjuangan yang fleksibel. Selamat berjuang dan berimprovisasi dalam sebuah bisnis.

Recommended for you

Share
Share