Untung Mana Antara Tanah yang Dijual atau yang Dikerjasamakan dengan Kerjasama Property

Untung Mana Antara Tanah yang Dijual atau yang Dikerjasamakan dengan Kerjasama Property

Untung mana antara tanah yang dijual atau yang dikerjasamakan dengan kerjasama property, bagi anda yang memiliki tanah sekian hektar baik dari jerih payah usaha sendiri maupun dari warisan dari orang tua, tidaklah perlu bingung dalam mengelola atau memanfaatkannya. Namun begitu, tidak sedikit yang sudah merasa bingung dalam memutuskan untuk diapakan tanah yang sudah dimiliki. Mau dibangun rumah untuk dikontrakkan harus keluar modal dulu yang tidak sedikit. Mau diolah sendiri dengan ditanami tanaman produksi juga membutuhkan modal dan tenaga tersendiri, hasilnya pun juga tak seberapa. Tetapi, jika tanah tersebut tidak segera dimanfaatkan, maka akan ada saatnya ketika butuh uang, ujung-ujungnya akan dijual juga dan itu adalah sebuah kerugian jika dipikirkan di jangka waktu yang panjang.

Katakanlah menjual tanah itu mudah, tetapi untuk mendapatkan harga yang pas terkadang butuh kesabaran, jangan sampai karena buru-buru menjual untuk segera mendapat uang justru harganya jatuh. Sebelum terlambat dan sebelum semuanya terjadi seperti tersebut, maka disini akan ada pemaparan mengenai untung mana tanah yang dijual dengan yang dikerjasamakan untuk investasi jangka panjang? Ringkas pembahasannya nanti adalah tanah lebih baik dimanfaatkan dalam kerjasama usaha daripada dijual, berikut ulasan lebarnya.

Cara menjual tanah dengan hasil yang maksimal yaitu jangan menunjukkan bahwa anda sedang butuh uang cepat. Usahakan mencari pembeli yang niatnya untuk urusan bisnis atau mudahnya cari seorang pengusaha besar yang bisa membeli tanah anda dengan harga tinggi. Jika anda memiliki tanah yang cukup luas, sebaiknya jangan sekaligus dijual, tetapi buatlah kavling-kavling dulu dan jual perkavlingnya. Pasanglah harga diatas harga pasaran tetapi gunakan sebuah diskon atau promo sehingga harganya menjadi sedikit tipis dibawah harga pasaran. Selanjutnya adalah sabar dalam menjalankan penjualan. Satu catatan bahwa tanah yang sudah terjual artinya sudah selesai dengan urusan tanah tersebut, sehingga perkembangan uang hasil penjualan tergantung anda sendiri, berbeda ketika anda memanfaatkan tanah tersebut yang bisa menghasilkan terus menerus uang tanpa kehilangan tanah.

Cara kerjasama memanfaatkan tanah agar meminimalis modal yang keluar adalah dengan mencari developer property. Saat ini sudah banyak developer profesional yang mudah untuk diajak kerjasama. Sebagai pemilik tanah yang menginvestasikan tanahnya untuk dikelola oleh pihak tertentu, maka anda perlu mencermati setiap poin perjanjian yang ada. Tentu saja dalam kerjasama kedua belah pihak harus saling diuntungkan. Mengingat harga tanah setiap tahun naik maka akan lebih menguntungkan jika dijaminkan untuk investasi. Belum lagi jika diatas tanah tersebut sudah dibangun sebuah property yang memiliki nilai jual tinggi, maka harga tanahnya juga akan menjadi berlipat ganda. Untuk itu sangat penting bekerjasama dengan pengembang yang sudah berpengalaman atau minimal sudah terkenal di pasar property.

Sudah barang tentu anda bisa membayangkan bahwa estimasi keuntungan ketika bekerja sama dengan developer property maka tanah anda alam jangka waktu tertentu akan meningkat nilai harga jualnya. Selain itu, tanah yang dikelola pengembang bisa mendatangkan income bagi anda secara otomatis akibat bagi hasil pengelolaan dengan pengembang tanpa perlu kehilangan hak kepemilikan tanah. Sudah jelas menguntungkan yang mana bukan?

Recommended for you

 dokumentasi foto via blog.urbanindo.com

Share