Sebelum Memulai Bisnis Kost Eksklusif, Lebih Baik Lakukan Tips Berikut Ini

Sebelum Memulai Bisnis Kost Eksklusif, Lebih Baik Lakukan Tips Berikut Ini

Bisnis Kost Eksklusif – Kebutuhan mahasiswa apalagi untuk mahasiswa baru (maba) adalah menyewa kos-kosan. Karena kos adalah hal yang teramat penting agar memudahkan mahasiswa dalam hal akomodasi perjalanan ke kampus. Bahkan, begitu pentingnya melebihi akan semua hal termasuk makan dan pakaian. Bagi anda yang pernah menjadi mahasiswa ataupun pekerja yang jauh dari rumah adalah suatu hal yang sangat wajib. Maka dari itu, bisnis kos-kosan adalah suatu usaha yang sangat berpeluang akan keuntungannya. Apalagi anda sudah memiliki lokasi yang sangat strategis atau terletak di kota-kota pendidikan. Seperti, Jakarta,  Yogyakarta, Surabaya, Bandung,  Medan,  Padang,  Makasar dan kota kota lainnya.

Tetapi, pengelolaan dan managemen kost tidaklah mudah dan memiliki tanggung jawab yang besar. Pastinya anda tidak menginginkan keluhan dari para penghuni kos, atau bahkan terjadi sesuatu yang tidak anda kehendaki.

Nah Berikut beberapa tips bagi anda yang berencana memulai bisnis kos atau bisnis kost eksklusif.

  1. Tentukan lokasi yang ideal atau stategis. Ada beberapa pemahaman tentang lokasi ideal atau strategi ini. Misalnya carilah lokasi yang berdekatan dengan kampu. Kalua semisalnya tidak ada yang dekat atau harga lahan tidak sesuai maka pilihlah lokasi yang strategis liannya misalnya lokasi ysng mudah atau berdekatan dengan rumah makan, lokasi percetakan warnet atau lokasi tersebut terdapat pula kos kosan mahasiswa.
  2. Tentukan konsep atau model kos anda. Misalnya apakah kos untuk wanita, kos untuk pria, kost untuk muslim atau mungkin kost yang akan menempati adalah orang atau mahasiswa dari daerah tertentu. Hal ini berpengaruh pada pemilihan lokasi kos dan fasilitas yang akan anda berikan.
  3. Kunjungi tempat atau loaksi yang akan anda jadikan kos, anda harus paham tentang lingkungan kos kosan anda nanti. Dimana tempat pak RT dan RW serta pastikan lokasi tersebut tidak rawan akan kejahatan.
  4. Apabila nanti anda tidak tinggal dikos atau tidak tinggal di sekitar kost tersebut, maka pastikan ada pengurus kos yang bisa dipercaya dan bisa nada andalkan. Ketahui dulu latar belakang orang tersebut. Ataupun jika tidak ada orang yang bisa dipercaya gunakan alat keamanan tambahan seperti CCTV pada lokasi yang sekiranya rawan.misalnya lokasi diluar kos kosan atau tempat parkir.bisnis kost eksklusif
  5. Sebelum memulai penyewakan kos tersebut pastikan ada aturan dalam kos tersebut. Atau mungkin, bisa mempertanyakan kepada RT setempat. Dengan adanya aturan maka kos anda tidak akan mengganggu atau membikin ricuh lingkungan sekitar. Misalnya pada area jam malam, larangan membawa lawan jenis atau jam pacaran, aturan tentang jamu yang menginap dikos tersebut. Pasanga atau tempet aturan ditempat tempat yang mudah dilihat misalnya parkiran,ruang makan.
  6. Tetapkan tingkat sanksi yang akan di berikan kepada penyewa kos. Misalnya teguran saat ada yang membawa minuman keras atau bahkan yang paling keras yaitu pengusiran dan aturan aturan yang lainya. Hal ini dmaksud agar kondisi kos tetap aman dan kondusif serta tidak terjadi benturan benturan masalah dengan lingkungan sekitar.

Dan hal terakhir yang perlu anda pertimbangkan adalah finansial. Ada banyak hal yang mempengaruhi akan besaran harga yang akan anda terapkan diantaranya, lokasi tersebut apakan dekan dengan kampus (jarak kampus), fasilitas yang anda sediakan bila anda akan menjadikan kos ekskusif maka anda harus menyediakan fasilitas yang lengkap seperti ac, kamar mandi dalam. Berbeda lagi bila anda bermaksud menjadikan kos standar. Demikian beberapa perencanaan yang anda harus pertimbangkan untuk memulai bisnis kos baik eksklusif atau standar (murah).

Recommended for you

source :

Share
Share