Mau Bisnis Kost Eksklusif Anda Terawat? Sebaiknya Perhatikan 4 Hal ini Saat Memulai Bisnis Kost Eksklusif

Mau Bisnis Kost Eksklusif Anda Terawat? Sebaiknya Perhatikan 4 Hal ini Saat Memulai Bisnis Kost Eksklusif

Bisnis Kost Eksklusif – Bila anda memiliki tanah kosong atau bangunan yang berdekatan dengan kawasan pabrik atau perguruan tinggi, maka sekiranya anda gunakan saja untuk membuka bisnis kost eksklusif. Agar mendapatkan passive income setiap bulannya. Bisnis kos sangat menguntungkan mengingat letak yang stategis apa lagi ditambah lingkungan yang nyaman maka akan sangat menjanjikan untuk kedepannya. Apalagi usaha ini sangat cocok apabila anda memasuki masa pensiun. Alur bisnis ini sangat menjanjikan.

Meski akan mendapat keuntungan yang besar tapi perlu diingat lokasilah yang akan menentukan seberapa besar anda akan mendapatkan pendapatan. Namun, lokasi juga belum dapat menjanjikan. Bila anda akan memulai bisnis kost eksklusif maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan diantaranya, sesuai yang dikutip oleh situs cermati.com

  1. Modal besar
    Salah satu yang paling penting adalah modal awal. Hal ini adalah sutu keharusan untuk memulai bisnis kos-kosan eksklusif. Tetapi bila anda sudah memiliki tanah maka modal tersebut dapat diminimalisir. Untuk kos kosan apalagi kos yang bertipe eksklusif memerlukan modal yang berbeda anda harus benar-benar cermat dalam mengatur modal yang anda akan gunakan.

Namun, bila anda belum memiliki tanah yang anda akan gunakan maka sebaiknya anda mencari tanah yang lokasinya strategis. Misalnya, yang terletak dipinggiran jalan raya, sekitaran kampus baik yang sedang berkembang atau yang sudah berdiri besar,tanah disekitaran pabrik. Atau pusat pusat kota. Tetapi meskipun anda memiliki modal yang besar tapi jangan berbangga diri Karena ini adalah bisnis. Dimana anda akan mendapatkan pesaing-pesaing dalam bisnis anda yang sangat ketat. Bila anda dapat bersaing maka anda akan mendapat keuntungan dengan margin yang besar. Tetapi, modal yang besar bisa saja menjadikan kerugian dalam bisnis kos kosan. Oleh Karena itu, prinsip berhati hati dan teliti patut anda praktekkan.

  • Lokasi strategis
    Salah satu alasan kenapa masyarakat baik pekerja, atau mahasiswa (pelajar) lebih memillih untuk kos adalah lokasi kos yang dekat dengan sekolah atau tempat kerja dibandingkan harus pulang kerumah, serta lebih hemat kalo hitung hitungan biaya transport perhari. Selain itu faktor memilih lokasi kos adalah lokasi yang dekat dengan,tempat makan, ATM, minimarket, rumah sakit, dan tempat tempat vital yang lain. Maka dari itu, pastikan lahan yang anda akan bangun kos tersebut dekat dengan lokasi lokasi vital tersebut.
  • Perlengkaptan lengkap
    bisnis kost eksklusif
    Apa yang anda berikan atau sediakan untuk penghuni kos ?  faktor yang mempengaruhi kos kosan lainnya adalah perlengkapan apa yang ada dalam kos tersebut. Hal ini, terpengaruhi oleh siapa yang akan menjadi penyewa kos-kosan anda. Bila target hanya mahasiswa maka anda harus menyediakan fasilitas standar seperti Kasur, lemari dan meja belajar.  Berbeda halnya, bila anda menjadikan kos eksklusif maka perlengkapan yang harus anda sediakan seperti, tempat tidur,TV, AC, kamar mandi dalam serta harus memiliki parkiran yang cukup luas untuk parkiran.
  • Keamanan dan kebersihan
    Berbisnis kos apalagi bisnis kos eksklusif adalah bisnis yang banyak diincar. Dikarenakan alur dan pola bisnis ini tidak ribet. Ketika kos anda sudah berdiri perawatanya juga tidak repot. Anda tidak perlu keahlian yang spesifik atau khusus cukup perhatikan kebersihan serta keamanan kos. Agar menjadikan para penghuni kos tersebut menjadi betah. Dua hal itu yang juga penting dan harus anda perhatikan. Setelah semua hal tersebut, anda tinggal menunggu penyewa datang. Inilah salah satu jenis cara untuk mendapat passive income.

 

Tertarik bisnis kos kosan?

Bisnis ini sudah sudah sejak lama menjadi daya Tarik tersendiri. Tapi berbisnis kost tidak semua bisa mendulang keuntungan dengan margin yang diharapkan. Alasan yang meraka ungkapakan adalah masalah klasik. Misalnya, lokasi dan target tidak dihiraukan. Dari beberapa pengusaha bisnis kos-kosan mereka beralih kebisnis yang lain yang mendapat passive income lebih besar. Seperti kerjasama dengan pengelola untuk dijadikan guesthouse atau dikenal dengan homestay. Karena bisnis ini lebih menjanjikan, selain akan dikelola bangunan tersebut akan dirawat dengan baik.

Bagaimana dari segi biaya? Ada cerita dari  Salah satu orang yang telah berpengalaman bergelut di bidang guest house yaitu Denny Purwono selaku manager simply homy guest house  mengungkapkan , guesthouse sebetulnya lebih murah dibandingkan bisnis kost. Karena jatuhnya dari jumlah yang menginap lebih lega terlebih untuk jumlah orangnya. Denny menambahkan untuk guesthouse simplyhomy sendiri khususnya di Yogyakarta sekitar dua puluhan unit dan jumlah ini akan terus bertambah Karena permintaan orang yang akan menyewa guesthouse sendiri terus bertambah, apalagi disaat liburan kerap mengalami full book bahkan pesanan sudah dari satu bulan sebelumnya. Untuk harga Denny juga mengungkapkan harga bisa Rp 800 ribu sampai Rp 1,2 juta permalam tergantung jumlah kamar.

Ada yang bertanya seperti apa bisnis guest house tersebut, Anda dapat membaca halaman Berdayakan Rumah/Kos/Ruko Anda Menjadi Franchise Guest House yang Menghasilkan Pasif Income .

Recommended for you

Source :

  • artivle via economy.okezone.com
  • photo featured via depanjul.com
  • photo via 4.bp.blogspot.com
Share
Share