Bagaimana Cara Berinvestasi Properti agar Properti Produktif ?

Bagaimana Cara Berinvestasi Properti agar Properti Produktif ?

Investasi awal biasanya mengunakan uang dari pinjaman tapi untuk investasi selanjutnya menggunakan modal dari investasi yang telah kita dapatkan. Nah untuk idealnya seperti itu, contoh rumah pertama kita namai rumah induk dan yang lain rumah senin,selasa,rabu,kamis dan seterusnya sehingga kita mendapatkan pendapatan yang terus menerus.

Nah bagaimana cara berinvestasi khususnya di bidang properti agar properti produktif ?

Property sebagai jaminan utama bisnis anda.

Hal yang perlu dipahami adalah untuk jaminan sebagai pinjaman di bank adalah bangun atau property. Property yang di maksud adalah property yang jelas dan bisa dibuktikan, Bukannya bangunan liar. Pembuktian dari preperti adalah dengan adanya izin mendirikan banguan atau IMB, pajak bumi dan bangunan PBB. Karena sebagai jaminan utama adalah property atau bangunan tersebut, untuk tanah hanya digunakan untuk jaminan pendamping setelah jaminan utama yaitu banguan atau property.

Cara kerja property produktif

properti produktif

Property produktif yang memiliki arti anda mendapatkan properti lebih murah dari harga pasar. Dengan kata lain anda mendapatkan harga 20% lebih murah, caranya anda meminta fotocopy property dan anda tanyakan kepada pihak bang untuk mendapatkan taksiran harganya. Jika hal itu sudah anda lakukan dan mengetahui harga lakukan penawaran setidaknya 20% lebih murah atau jika memungkinkan anda menawar dengan harga yang lebih murah lagi. Meskipun modal anda lebih tidak masalah juga untuk mendapatkan harga yang lebih murah Karena itu akan menjadi return yang bagus untuk anda pada kemudian hari.

Etika untuk investasi property produktif

Anda akan membeli property yang akan digunakan untuk bisnis investasi tentunya bukan digunakan untuk tempat tinggal. Jika anda membeli property dengan harga tinggi lebih dari taksiran bank maka anda akan mendapatkan return yang baik. Hal ini menjadi kerugian dikemudian hari untuk anda.

Tips yang gunakan untuk berbisnis investasi

  • Pilihlah property yang produktif dengan kata lain anda mencari property yang bisa digunakan untun sewa,usaha atau property yang bisa untuk tempat tinggal.
  • Carilah property yang lama agar mendapatkan harga yang bagus atau murah dari pengembang.
  • Bila modal menggunakan KPR, pastikan ada cash back untuk kepengurusan surat izin yang akan anda buat baik dari propinsi atau administrasi dengan kata lain tidak menggunakn uang tambahan untuk pengurusan surat surat tersebut.
  • Bandingkan penafsiran minimal dari 2 bank untuk property yang ingin anda beli yang berjutuan untuk mendapatkan harga yang bagus atau dengan kata lain mendapatkan harga yang paling rendah.
  • Mendapatkan harga sekitar 80% dari harga taksiran bank.
  • Cek PBB rentang waktu 2 sampai 3 tahun apakan ada kenaikan atau malah nilainya stabil. Bila sama antar waktu atau kinsiten maka property tersebut tidak cocok untuk dijadikan property yang akan digunakan berinvestasi.
  • Carilah bangunan yang memiliki sisa tanah,hal ini dimaksud Karena harga tanah selalu naik tapi tidak untuk bangun,Karena bangun nialinya malah akan menyusut.
  • Cek lokasi berapa persen kenaikan tanah dari waktu kewaktu, lokasi ytang dimaksud adalah tanah bukan bangunan.
  • Lokasi yang strategis adalah daerah berkembang atau perbandingan jumlah pendatang lebih banyak dari pada jumlah ornag yang pergi meninggalkan tempat tersebut. Loasi yang strategi misalnya daerah dekat dengan kampus,dekat dengan perkotaan dan lain lain.

Sekian tips bila ingin memiliki bisnis, disaat anda mendapatkan property bisa anda sewakan atau dijadikan guest house atau home stay. Mungkin bisa anda taksiran sendiri pendapatan bila anda sewakan dan kelola sendiri dibandingkan dengan anda kerjasama dengan pengelola untuk menjadi home stay atau guest house.

Recommended for you

source :

  • photo via previews.123rf.com & az715420.vo.msecnd.net
  • info via klikmania.net
Share
Share