Sebelum Memulai bisnis kos-kosan, Simak 4 Hal Penting yang Wajib Anda Ketahui dalam bisnis kos-kosan

Sebelum Memulai bisnis kos-kosan, Simak 4 Hal Penting yang Wajib Anda Ketahui dalam bisnis kos-kosan

Bila Anda memiliki lahan yang berada di area pabrik, perkantoran atau perguruan tinggi, ada baiknya Anda mennggunakan sebagai bisnis usaha baik secara aktif ataupun secara pasif. Dalam sisi bisnis pasif, salah satunya yaitu bisnis kos-kosan. Ini merupakan salah satu jenis bisnis yang cukup bisa menjamin pertambahan pendapatan rumah tangga, terutama ketika masa pensiun tiba. Alur bisnisnya sangat mudah dan memiliki prospek sangat positif ke depannya. Meski digadang-gadang menguntungkan, namun Anda tetap harus cermat. Salah satunya dalam hal memilih lokasi. Bila Anda mendapakan lokasi yang strategis, maka Anda memiliki kemungkinan mendapatkan pendapatan yang lumayan besar.

Namun, itu saja belum cukup. Apabila Anda serius ingin berbisnis tersebut, maka perhatikan hal-hal.

  1. Modal Besar

    Tidak bisa dipungkiri, bisnis ini membutuhkan modal yang cukup besar di awal. Terutama untuk pembangunan kos-kosannya. Untuk modal ini anda dapat mengajukan KTA. Apabila Anda sudah memiliki lahan, maka biaya pembangunan ini bisa diminimalisir. Namun, apabila belum memiliki lahan, maka Anda harus mencari lahan yang terletak pada lokasi yang strategis. Misalnya, dekat dengan jalan raya, area yang bisa di akses mudah atau mudah untuk akses ke tempat tempat penting. Meski Anda memiliki modal yang besar, jangan terlalu berbangga diri. Bisnis tetaplah bisnis. Anda akan menemui persaingan yang ketat. Ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan bila mampu memaksimalkan kemampuan tersebut. Namun, modal besar pun bisa membawa Anda ke dalam jurang kerugian. Oleh sebab itu, prinsip berhati-hati dan teliti merupakan salah satu cara yang patut Anda praktekkan.

  2. Lokasi Strategis

    Alasan kenapa orang lebih memilih kos dari pada pulang ke rumah, yaitu lokasi yang lokasi kos lebih dekat dengan lokasinya bekerja atau sekolah. Selain itu, faktor lain yang juga menjadi pertimbangan para penghuni kos, yaitu jarak kos dengan tempat-tempat vital seperti rumah makan, mini market, rumah sakit, dan tempat lainnya sangat dekat. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan membangun kos, pastikan lokasi lahan memang benar-benar strategis. Oleh sebab itu, ketika Anda memutuskan membeli lahan untuk dibuat kos, maka ada baiknya untuk melakukan survei terlebih dahulu. Tentukan siapa target market Anda dan lokasi seperti apa yang akan Anda sasar. Hindari sembarangan ketika memilih lahan. Lahan yang strategis kelak akan menguntungkan bisnis kos. Apabila salah memilih dan ternyata lahan yang Anda beli tidak strategis, maka kerugian pasti akan dialami.

  3. Perlengkapan yang tersedia dalam kos-kosan

    Apa yang Anda sediakan kepada penghuni kos? Ini merupakan faktor lain yang mempengaruhi harga sewa kos. Sebelum mulai membangun, ada baiknya Anda tentukan siapa target penyewa kos kelak? Apabila targetnya hanya mahasiswa, maka Anda cukup menyediakan perlengkapan standar kamar kos. Misalnya, kasur, meja belajar, lemari kecil. Ini akan berpengaruh dengan harga sewa nantinya.Beda lagi bila Anda menargetkan pekerja atau mahasiswa kelas eksklusif. Maka, mau tidak mau Anda harus melengkapi kos dengan perlengkapan ala kos eksklusif. Seperti, TV, AC, dan Kamar Mandi dalam. Dampaknya, biaya sewa pasti lebih mahal dibanding kos biasa.

  4. Keamanan dan Kebersihan

    Berbisnis kos merupakan jenis bisnis yang banyak diincar. Karena pola dan alur bisnisnya yang mudah dan tidak ribet. Ketika sudah jalan, perawatannya pun mudah. Anda tidak membutuhkan keahlian khusus. Yang harus diperhatikan, yaitu kebersihan kos dan keamanan. Dua hal inilah yang sebaiknya Anda perhatikan dalam menjalankan bisnis kos Bila Anda mampu menjaga kebersihan dan keamanan kos, maka bisa dipastikan para penghuni kos akan betah. Lalu, Anda hanya tinggal menunggu biaya sewa datang. Inilah salah satu jenis passive income yang patut Anda coba.

Tertarik Membangun Bisnis Kos?

Bisnis ini adalah salah satu bisnis yang harus wajib di kota besar. Sebagai tempat tinggal sementasi kos-kosan di nilai murah dibandingkan dalam membeli rumah atau menyewa apartemen apalagi bila menetap di kota tersebut hanya beberapa waktu. Banyak pengusaha bisnis tidak mendapat profit seperti yang di harapkan. Maka ada baiknya anda teliti dalam bisnis yang satu ini. Mungkin dalam pengolaanya bisa di bilang simpel tapi ada banyak resiko yang akan anda dapatkan bila salam dalam pengelolaanya. Banyak juga kos-kosan yang di nilai negatif sehingga menjatuhkan kos tersebut. Anda berniat dalam bisnis investasi menguntungkan jenis apa untuk kedepanya mengingat tahun ini jumlah pekerja, mahasiswa dan kebutuhan yang lain selalau meningkat tiap tahunnya.

Recommended for you

Source :

Share
Share