Inilah 5 Alasan Mengapa Investasi Properti Menguntungkan dan Harus Segera di Lakukan

Inilah 5 Alasan Mengapa Investasi Properti Menguntungkan dan Harus Segera di Lakukan

Seperti dikatakan oleh Cipto Junaedy, siapapun dapat berinvestasi di bidang dalam properti. Ya investasi di properti sudah terbukti stabil, aman dan menghasilkan keuntungan yang bagus dalam waktu panjang. Dengan risiko yang lebih minim dan kemungkinan menghasilkan keuntungan yang lebih tinggi, investasi di bisnis properti merupakan plihan yang tepat. Untuk Anda yang belum yakin bahwa investasi di properti itu sangatlah menguntungkan, berikut 5 alasan mengapa investasi properti menguntungkan dan harus segera anda lakukan :

  1. Arus Kas
    Apakah Anda membeli properti dengan cara bayar tunai atau menggunakan pembiayaan yang menguntungkan dengan hipotek yang rendah, arus kas postif setiap bulan akan mengalir menjadi keuntungan yang Anda dapatkan ketika utang bulanan dibayar dari hasil sewa setiap bulan. Sehingga memberikan penghasilan bulanan dari investasi real estate yang telah anda jalankan.
  2. Apresiasi
    Apresiasi adalah peningkatan nilai properti, yang umumnya terjadi dari waktu ke waktu dan dapat ditingkatkan oleh investor dengan menambah nilai ke properti melalui perbaikan dan menambah perangkat tambahan. Selain itu apresiasi merupakan cara untuk menciptakan ekuitas dalam bisnis investasi properti. Appreciation adalah peningkatan nilai suatu properti. Misalnya, sebuah properti yang dibeli pada tahun lalu seharga Rp 100juta, dan tahun ini menjadi Rp 120 juta, berarti telah terjadi appreciation sebesar Rp 20 juta dalam setahun. Istilah lainnya yang lebih popular ialah capital gain atau disingkat gain. Inilah yang menjadi alasan utama orang untuk melakukan investasi pada properti.
  3. Depresiasi
    Depresiasi adalah penurunan dalam nilai fisik properti seiring dengan waktu dan penggunaannya. Dalam konsep akuntansi, depresiasi adalah pemotongan tahunan terhadap pendapatan sebelum pajak sehingga pengaruh waktu dan penggunaan atas nilai aset dapat terwakili dalam laporan keuangan suatu perusahaan. Depresiasi adalah biaya non-kas yang berpengaruh terhadap pajak pendapatan. Properti yang dapat didepresiasi harus memenuhi ketentuan berikut:

    • Harus digunakan dalam usaha atau dipertahankan untuk menghasilkan pendapatan.
    • Harus mempunyai umur manfaat tertentu, dan umurnya harus lebih lama dari setahun.
    • Merupakan sesuatu yang digunakan sampai habis, mengalami peluruhan/ kehancuran, usang, atau mengalami pengurangan nilai dari nilai asalnya.
    • Bukan inventaris, persediaan atau stok penjualan, atau properti investasi.
      Properti yang dapat didepresiasi dikelompokkan menjadi:
    • nyata (tangible): dapat dilihat atau dipegang. Terdiri dari properti personal (personal property) seperti mesin-mesin, kendaraan, peralatan, furnitur dan item-item yang sejenis; dan properti riil (real property) seperti tanah dan segala sesuatu yang dikeluarkan dari atau tumbuh atau berdiri di atas tanah tersebut.
    • tidak nyata (intangible). Properti personal seperti hak cipta, paten atau franchise.
  4. Keuntungan pajak

    Selain penyusutan, investor biasanya dapat mengklaim bagian untuk pembayaran bunga hipotek setiap bulan sebagai pengurang pajak tersebut.

  5. Leverage

    penggunaan dana pinjaman untuk meningkatkan keuntungan investasi properti. Untuk leverage agak sulit dijelaskan di sini secara rinci, karena harus dilihat kasus per kasus dan tidak banyak orang memperoleh leverage karena melibatkan pihak pemberi pinjaman (bank atau pihak ketiga) yang perlu mempelajari lebih rinci sebelum memberikan pinjaman terlebih dahulu. Tertarik dalam bisnis properti menuntungkan. Itulah alasan kenapa bisnis property selalu ada dan terus berkembang. Meningkatnya jumlah penduduk meningkat pula untuk kebutuhan akan tempat tinggal, baik tempat tinggal sementara (seperti kos-kosan)atau tempat tinggal yang akan di gunakan untuk menetap dalam jangka lama.

    Permasalah utama dalam bisnis properti biasanya masalah pendanaan yang bila di bilang cukup besar maka kita perlu untuk mengakali modal tersebut. Mungkin anda bisa melakukan dengan patungan dari keluarga atau dari pinjaman dari bank, atau mungkin dengan menggunakan cara yanga lain. Bisnis property dalam jangka pendek adalah pengembalikan modal anda untuk jangka panjang anda akan mendapat sepenuhnya keuntungan tersebut. Bisni properti bisa anda gunakan untuk pendapatan tambahan atau untuk masa depan anda nanti baik untuk keluarga ataupun untuk anda sendiri. Selain modal dan pendapatan bisnis properti yang tepat adalah masalah timing dan lokasi yang anda akan kelola. Anda bisa membaca http://www.simplyhomy.com/2017/01/beragam-investasi-properti-menguntungkan/ sebagai reverensi untuk bisnis tahun 2017 ini.

Share
Share