Pilih Mana? Investasi tanah atau Properti yang paling baik untuk dijadikan passive income?

Pilih Mana? Investasi tanah atau Properti yang paling baik untuk dijadikan passive income?

Bagi anda yang ingin memiliki rumah khususnya pada rumah pertama mungkin akan sering menanyakan bagusan mana ya investasi tanah lalu kemudian di bangun rumah atau langsung investasi rumah jadi aja dari develover ataupun rumah bekas. Sebenarnya pilihan tersebut sama-sama baik namun sebelum mengambil keputusan mau akan dipilih yang mana sebaiknya ketahui terlebih dahulu beberapa hal penting ketika membeli tanah ataupun rumah yang telah siap pakai seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Beli tanah

  1. Jika anda berniat untuk membeli tanah terlebih dahulu, kemudian bermaksud untuk membangunnya sendiri sesuai dengan keinginan anda, maka hal pertama yang perlu di pertimbangkan adalah lokasi dari tanah itu sendiri kemudian legalitas tanah. Anda bisa periksa terlebih dahulu surat-surat tanah yang akan anda beli ke bpn (badan pertanahan nasional) sebelum membelinya, pastikan tanah yang anda beli tersebut bisa dibangun rumah dan tidak diperuntukkan untuk fasilitas umum dan tanah tidak masuk dalam lokasi sengketa.
  2. Berikutnya sebelum anda akan membangun rumah di tanah yang anda beli tersebut maka anda wajib terlebih dahulu mengurus imb (izin mendirikan bangunan) barulah kemudian anda berhak dan bisa mendirikan bangunan di atas tanah yang anda beli. Untuk pengurusan imb sendiri anda boleh konsultasi dengan orang sudah pernah mengurus imb seperti depelover perumahan ataupun teman anda yang sudah mempunyai pengalaman sendiri.
  3. Selanjutnya jika point di atas sudah terpenuhi, sekarang yang penting anda lakukan adalah merencanakan konsep atau desain rumah yang akan anda bangun seperti apa. Jika anda seorang depelover tentu anda akan lebih tahu detail dan estaimasi biaya yang akan anda keluarkan untuk membangun rumah di atas tanah tersebut sesuai dengan konsep rumah yang anda mau. Namun jika anda kurang mengerti dan paham, anda bisa berkonsultasi dengan orang yang berpengalaman dalam membangun rumah seperti kontraktor perumahan, depelover dan sebagainya.
  4. Persiapkan budget jika anda sudah memiliki desain rumah yang akan anda bangun dan biayanya sudah di dapat dari hasil estimasi maka sekarang adalah saatnya untuk mempersiapkan dana tersebut. Ntuk mendapatkan dana membangun rumah anda boleh menggunakan dana sendiri bila mencukupi ataupun dengan melakukan pinjaman dari pihak-pihak lain.
  5. Buat penjadwalan jika dana anda sudah tersedia seperti disebutkan di atas, maka sekarang adalah saatnya konsultasi dengan kontraktor yang akan membangun rumah anda untuk membuat waktu atau penjadwalan kapan pembangunan akan dimulai dan berapa lama waktu yang di butuhkan.
  6. Memiliki kepuasan tersendiri membeli tanah kemudian membangunnya dengan konsep sendiri tentu saja mempunyai kepuasan tersendiri bagi pemiliknya dan biasanya secara biaya juga akan lebih murah, hemat tapi membuat anda sedikit lebih repot. Dan ini berbeda ketika anda membeli rumah jadi atau dari depelover yang biasanya membangun perumahan dengan konsep yang sama dan telah dibuat khusus oleh depelover untuk perumahan yang akan dibangun, dan harganya juga biasanya lebih mahal jika di banding dengan membangun rumah sendiri.

Beli rumah jadi

  1. Siap pakai tanpa perlu repot
    Jika anda membeli rumah yang siap pakai, ya tentu saja anda tidak di repotkan lagi seperti saat membeli tanah yang harus mencari tanah yang cocok untuk dibangun rumah, mencari lokasi, mengurus legalitas dan merencanakan pembangunan rumah yang tentunya memakan waktu dan usaha yang ekstra.
  1. Lebih mudah untuk mendapatkan kpr
    Jika anda membeli rumah baru dari depelover ada beberapa keuntungan  yang anda peroleh karena depelover sendiri biasanya sudah mempunyai mitra atau kerja sama dengan pihak bank untuk masalah pendanaan sehingga akan membantu anda untuk mempersiapkan dokumen dan mendapatkan kpr.
  1. Lokasi akan lebih terintegrasi
    Rumah yang telah dibangun oleh depelover perumahan biasanya mempunyai lokasi dan tempat yang lebih terintegrasi, hal ini tentu saja sudah dirancang oleh depelover sebelum membangun rumah tersebut seperti tersedianya fasilitas umum bagi perumahan, lokasi yang berdekatan dengan tempat-tempat penting lainnya seperti pusat perbelanjaan, perknatoran dan sebagainya. Nah, sekarang anda sudah siap memilih beli tanah atau rumah jadi? Dengan adanya artikel jual beli tanah atau rumah mana yang paling baik di atas semoga bermanfaat untuk anda khususnya bagi anda yang sedang mempertimbangkan apakah sebaiknya membeli tanah atau rumah yang siap pakai.

recommended for you :

source :

 

Share
Share