Jualan 5 Ekor Ayam Sampai Bangun Masjid Megah Masjid Suciati Saliman

Jualan 5 Ekor Ayam Sampai Bangun Masjid Megah Masjid Suciati Saliman

Masjid Suciati Saliman

Perasaan bahagia bercampur haru masih tampak di raut wajah Suciati Saliman Riyanto Raharjo, ketika sedang menceritakan pengalaman hidupnya. Perempuan kelahiran Yogyakarta, 20 Mei 1952 ini mampu mewujudkan impiannya untuk membangun masjid dengan model Masjid Nabawi yang berada di Madinah.

Berlokasi di Jalan Gito Gati, Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta, masjid yang dibangun Suciati tampak mewah dan megah. Dibangun di atas lahan seluas 1.600 meter persegi dengan tinggi bangunan 3 lantai dan satu basement, masjid yang dinamai Masjid Suciati Saliman ini bernuansa Timur Tengah berbalut arsitektur Jawa.

Butuh waktu sekitar 3 tahun untuk bisa membangun masjid ini. Penegakan batu pertama dilaksanakan pada 2 Agustus 2015 sampai akhirnya bisa diresmikan 13 Mei 2018, meskipun masih terus dilakukan untuk penambahan dan pembenahan pada masjid ini.

masjid suciati saliman

“Impian saya ingin membangun masjid sejak SMP, tapi saya baru bertekad kuat sejak umrah tahun 1995, sejak itu saya mulai mengumpulkan uang. Saya melihat Masjid Nabawi dan ingin kelak masjid yang saya bangun ingin menyerupai Masjid Nabawi,” ucapnya Suciati Saliman.

 

Perjalanan Ibu Suciati Saliman

Lalu siapa Suciati dan bagaimana perjalanan hidupnya sampai mampu membangun masjid megah tersebut?

“Dulu waktu masih SMP, tahun 1966, saya diberi saran orang tua untuk berjualan di Pasar Terban Jogja karena belum ada pedagang ayam di sana. Saat itu awalnya hanya jualan 5 ekor ayam kampung, saya diberi modal Rp 175,” tuturnya.

masjid suciati saliman
Seiring berjalannya waktu, tahun 1989 dari pemotongan ayam manual di rumahnya yang berada tak jauh dari lokasi masjid, usahanya terus berkembang dan kini Suciati Saliman memiliki Rumah Potong Ayam (RPA) modern bernama RPA Saliman dengan brand ayam ‘SR’. Produknya kini telah memiliki sertifikasi halal MUI dan sudah mengantongi Nomor Kontrol Veteriner (NKV).

Kini bisnis yang digeluti Suciati terus berkembang dan tahun 2009 dia juga mendirikan RPA Suci Raharjo di Jombang, Jawa Timur. Total produksi dari 2 pabrik di Sleman dan Jombang saat ini mencapai sekitar 100 ton per hari dan seluruh karyawannya kini mencapai 1.300 orang.

masjid suciati saliman

Menangis Saat Azan Pertama Selanjutnya pada 2014 Suciati mendirikan PT Sera Food Indonesia yang memproduksi makanan beku seperti nugget, sosis, bakso, dan patties yang pasarannya mencakup pasar modern dan tradisional di seluruh Indonesia. Perusahaan Suciati juga telah diajak bekerjasama dengan perusahaan restoran waralaba ayam goreng skala internasional.

“Saya memiliki falsafah hidup urip iku urup, yaitu dengan memberi sebanyak-banyaknya manfaat untuk orang lain, serta membuka lapangan pekerjaan,” ungkap ibu 2 anak dan 4 cucu ini.

Perjalanan bisnis Suciati ternyata tak semudah membalikkan telapak tangan. Suciati sempat tertipu hingga ratusan juta rupiah. Namun hal tersebut tidak menjadi kendala bagi Suciati yang terus menjalankan usahanya dengan diiringi doa agar mimpinya untuk membangun masjid dapat terwujud.

Menangis Saat Azan Pertama

Suciati mengaku pertama kali mendengar adzan berkumandang dari masjidnya. Saat itu, azan Maghrib tepat satu minggu sebelum peresmian masjid berlangsung.

“Merasa sangat terharu, ini impian saya sejak masih SMP, bisa membangun masjid,” ucapnya.

Meskipun pembangunan masjid ini belum sepenuhnya selesai, masjid ini sudah dimanfaatkan oleh banyak orang sekitar. Selama bulan Ramadan, Suciati juga menyediakan menu sahur dan buka bersama bagi warga sekitar.

Kegiatan tausiah juga dilakukan menjelang berbuka puasa dengan mengundang beragam penceramah.

Ia tidak menampik, perizinan dan pembebasan tanah untuk pembangunan masjid tidak mudah. Sebab, di kawasan itu juga sudah berdiri sejumlah masjid.

“Namun, sasaran masjid ini adalah musafir dan karyawan saya,” ucapnya.

Suciati juga berencana untuk menetap di masjidnya. Ada satu ruangan yang masih direnovasi dan kelak menjadi tempat tinggalnya.

Referensi Penginapan dekat Masjid Suciati Saliman

Nah, buat Homiers yang mungkin sedang berlibur di Jogja saat bulan Ramadhan ini bersama dengan keluarga dapat menyempatkan untuk mengunjungi Masjid Suciati ini yang lokasinya berada di Jalan Gito Gati, Pandowoharjo, Sleman, Yogyakarta. Lokasi Masjid Suciati ini juga tidak terlalu jauh dengan salah satu Unit dari Simply Homy Guest House yaitu Unit Jalan Magelang. Yang dimana Homiers bersama rombongan keluarga dapat menginap di Unit Jalan Magelang ini. Kalaupun Homiers ingin berbelanja ataupun menghabiskan waktu bersama keluarga untuk makan bersama dapat mengunjungi Sleman City Hall yang lokasinya juga tidak terlalu jauh dari Unit Jalan Magelang ini.

Yuk liburan ke Jogja! Jadikan liburan Ramadhan kali ini lebih menyenangkan bersama Simply Homy Guest House. Karena di Simply “Anda Tuan Rumahnya”

 

Sumber : news.detik.com dan merdeka.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *