Tips Berwisata Saat Puasa

Tips Berwisata Saat Puasa

Bagi umat muslim, tentunya Bulan Ramadhan menjadi salah satu bulan yang selalu dinantikan. Di bulan ini banyak orang yang berlomba-lomba untuk melakukan ibadah, seperti puasa, membaca Al-Qur’an dan beragam amalan lainnya. Meski demikian, Homiers tetap bisa melakukan hobi yang disukai lho seperti berwisata atau sekedar hunting foto di suatu tempat. Hanya saja Homiers perlu mengatur waktu dan tenaga saat ingin melakukannya. Berikut ada beberapa tips menarik agar tetap fit saat berwisata sewaktu puasa!

tips berwisata saat puasa

Pertama tentu dengan mengkonsumsi makanan dengan kombinasi nutrien yang seimbang. Jika diperlukan Homiers dapat mengkonsumsi multivitamin saat waktu sahur tiba. Selain itu cukupi asupan air dan kebutuhan serat Homiers setiap harinya. Selain membuat tubuh menjadi segar, kedua bahan ini akan menghindarkan Homiers dari konstipasi.

tips berwisata saat puasa

 

Kedua, jangan lupakan untuk tetap melakukan ibadah di sela-sela waktu wisata Homiers. Misalnya saja saat menunggu ataupun sedang naik angkutan umum. Daripada berdiam diri, Homiers dapat mendengarkan pengajian atau lantunan ayat suci yang disimpan dalam gadget. Jangan lupa pula untuk membawa Al-Quran dan mukena kemanapun Homiers bepergian. Dengan demikian Homiers tetap bisa berwisata tanpa sedikitpun meninggalkan kesempatan untuk memperbanyak ibadah.

Tidak seperti bulan lainnya, Homiers harus lebih selektif menentukan lokasi wisata yang ingin dikunjungi. Saat Ramadhan tiba, bukan lagi kemana destinasi wisata yang menarik, namun kegiatan apa yang pantas diulik di lokasi pilihan Homiers. Saat bulan puasa tiba, usahakan destinasi wisata Homiers adalah tempat-tempat indoor sehingga tidak banyak mengeluarkan tenaga. Oiya, pikirkan juga tentang alat transportasinya ya! Sebisa mungkin pilihlah tempat wisata yang dapat diakses dengan alat transportasi umum ataupun kendaraan pribadi.

tips berwisata saat puasa

Salah satu kegiatan yang asyik dinikmati saat bulan puasa adalah ngabuburit di masjid. Jika Homiers sedang berada di Jogja, ada beberapa alternatif yang bisa dipilih seperti Masjid Kampus UGM, Masjid Agung UGM, Masjid Syuhada, Masjid Gede, Miniatur Masjid Baiturrahman yang berada di Ring Road Selatan atau Masjid Jogokariyan. Berwisata ke tempat-tempat yang memiliki nilai religi diharapkan dapat menambah pengetahuan terkait Islam. Dan biasanya setiap masjid memiliki keunikannya masing-masing. Keunikan dapat terletak pada rangkaian acara selama Ramadhan ataupun pada menu pembuka sewaktu puasa.

Satu lagi nih Homiers, meski liburan saat puasa, namun jangan pernah lupa untuk membawa air minum dan bekal secukupnya ya. Hal ini akan sangat bermanfaat ketika Homiers masih dalam perjalanan sewaktu jam berbuka telah tiba. Salah satu waktu paling enak untuk melakukan wisata saat Ramadhan adalah ketika sore tiba. Selain jam kerja telah usai, berwisata di sore hari dapat menjadi waiting time yang asyik sebelum jam buka puasa tiba. Kegiatan ini juga dapat menjadi alternatif menghindari macet yang menyenangkan.

Happy travelling!

 

Sumber : yogyakarta.panduanwisata.id

 

 

 

 

Share
Share