Tips Agar Puasa di Bulan Ramadhan Terasa Ringan

Tips Agar Puasa di Bulan Ramadhan Terasa Ringan

Bagi sebagian orang, puasa Ramadhan sebulan penuh terasa sangat berat, khususnya saat tengah hari saat sedang melakukan aktivitas. Namun, ada beberapa tips agar menjalani puasa di bulan Ramadhan terasa ringan dan Homiers bisa menjalaninya sebulan penuh tanpa terasa berat.

Berikut 10 tips agar puasa di Bulan Ramadhan terasa ringan :

 

1. Mengakhirkan makan sahur

Kita disunnahkan mengakhirkan makan sahur, tujuannya adalah energy yang berasal dari makanan akan lebih lama bertahan, sehingga saat menjalani puasa seharian akan lebih kuat.

 

2. Tidak berlebihan saat makan sahur

Mitos makan sekenyang-kenyangnya saat sahur agar bisa kuat puasa seharian adalah salah. Justru makanan yang terlalu banyak dikonsumsi saat sahur akan membuat energi untuk mencerna makanan menjadi bertambah. Efeknya akan membuat Homiers cepat letih dan mengantuk. Makan sahur secukupnya dan semua makanan tersebut hendaknya mengandung zat utama yang dibutuhkan pada tubuh Homiers, seperti karbohidrat, vitamin, mineral, dan protein.

 

3. Mengkonsumsi karbohidrat kompleks

Karbohidrat komplek akan membuat Homiers merasa kenyang lebih lama dan tidak mudah merasa lapar saat berpuasa. Karbohidrat kompleks merupakan jenis karbohidrat yang tidak langsung dicerna oleh tubuh, yang tersusun dari rangkaian kompleks yang harus dipecah menjadi glukosa sebagai sumber energi tubuh. Proses pemecahan itulah yang membuat jenis makanan ini membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna tubuh. Jenis makanan berkarbohidrat kompleks memiliki serat tinggi dan berfungsi untuk menstabilkan kadar gula di dalam darah. Yang termasuk makanan ini adalah : beras merah, gandum, oat, jeruk, apel, anggur, brokoli, wortel, selada, bayam, ubi, kentang, ubi, kacang merah, kedelai, kacang polong, dll.

 

4. Mengkonsumsi Makanan berprotein

Berpuasa selain beribadah juga sangat baik sebagai salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Berat badan berlebih disebabkan karena kurang seimbangnya zat makanan yang dikonsumsi tubuh. Dalam hal ini adalah karbohidrat yang terlalu dominan kita konsumsi, misal nasi putih. Saat berpuasa perbanyak makanan yang mengandung protein karena selain bermanfaat agar Homiers tidak mudah merasa lapar, juga dapat mencegah katabolisme (penyusutan) otot. Makanan yang termasuk berprotein tinggi diantaranya : putih telur, ikan, ayam, daging, dan kacang-kacangan.

 

5. Mengkonsumsi Lemak Baik (HDL)

Lemak baik atau HDL berfungsi sebagai sumber energi, selain itu HDL sangat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan resiko penyakit jantung. Yang termasuk jenis lemak baik (HDL) adalah ikan, alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun.

 

6. Mengurangi kandungan garam

Selama berpuasa, kurangi pemakaian garam dalam makanan Homiers ya. Karena mengkonsumsi makanan dengan kandungan garam tinggi akan menyebabkan tubuh terasa lebih cepat mengalami dehidrasi dan lebih cepat merasa lapar. Mengurangi mengkonsumsi garam juga bermanfaat untuk mencegah serangan jantung dan stroke lho Homiers.

 

7. Banyak minum air putih saat sahur dan berbuka

Pastikan anda minum air putih minimal 8 gelas sehari. Saat berpuasa tetap bisa Homiers penuhi, dengan mengakumulasikan keseluruhan gelas air putih yang Homiers minum saat sahur maupun setelah berbuka. Misal saat sahur Homiers menghabiskan 2 gelas air putih, maka setelah berbuka Homiers hanya membutuhkan minimal 6 gelas air putih.

 

8. Tidak tidur setelah sahur

Kebanyakan orang merasa terpaksa bangun dini hari untuk makan sahur dan masih terasa sangat mengantuk, sehingga kebanyakan dari mereka akan tidur kembali setelah selesai menyantap makan sahur. Jangan membiasakan untuk memanjakan tubuh kita dengan tidur setelah kita sahur ya Homiers. Gunakan untuk beraktivitas ringan, agar tubuh lebih cepat beradaptasi selama puasa, sehingga menjalankan puasa di hari selanjutnya akan lebih ringan.

 

9. Berolahraga

Berolahragalah secara teratur dan berkala meskipun itu saat Homiers berpuasa. Karena dengan berolahraga, tubuh Homiers tetap sehat, bugar, dan kuat menjalankan puasa. Olahraga yang baik saat berpuasa adalah dilakukan waktu menjelang berbuka. Cukup Homiers sisakan waktu Homiers 15 menit saja berolahraga sebelum Homiers mengakhiri puasa seharian dengan berbuka.

 

10. Segerakan berbuka

Setelah seharian berpuasa, tubuh sangat membutuhkan nutrisi untuk proses metabolisme secara normal kembali. Biasakan minum air dan makan secukupnya saja saat berbuka. Setelah Homiers selesai sholat tarawih, Homiers bisa menambah isi perut kembali.

 

Semoga dengan menerapkan 10 tips ini Insya Allah puasa Homiers akan terasa ringan dan Homiers bisa menjalankan ibadah puasa sebulan penuh di bulan Ramadhan dengan lancar.

 

Sumber : wajibbaca.com

Share
Share